Rabu, 23 Jan 2019

Jalan Antar Desa di Karo dan Dairi Butuh Perbaikan

admin Jumat, 11 Januari 2019 16:41 WIB
SIB/Dok

LONGSOR: Ruas jalan penghubung antar desa di Kecamatan Juhar, Kabupaten Karo, saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Sepanjang badan jalan sudah rusak berat dan longsor.

Tanah Karo (SIB) -Sejumlah ruas jalan penghubung antar desa di Kecamatan Juhar, Kabupaten Karo, saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Sepanjang jalan sudah rusak dan ada yang longsor.

Jalan menghubungkan Desa Suka Dame dan lima dusun masing-masing Dusun Sigedang, Pinem, Rambah Telko, Juma Batu dan Dusun Pamah Silep-silep Kecamatan Kuta Buluh, Kabupaten Dairi, kondisiya memprihatinkan.

Hal tersebut dikeluhkan warga setempat, Immanuel Pinem dan Deking Sembiring kepada SIB, Kamis (10/1) di Juhar. Menurut Pinem, kerusakan jalan penghubung antar desa sudah menahun tak kunjung ada perbaikan dari intansi terkait. Disejumlah titik terdapat lubang-lubang besar, sehingga pengendara angkutan penumpang umum, barang serta sepedamotor sangat mengeluhkan kondisi kerusakan jalan itu.

Dikatakannya, dampak kerusakan jalan tersebut, mobil penumpang umum enggan masuk ke desa itu. Transportasinya masih rata-rata menggunakan mobil jenis hartop gerdang dua akibat infrastruktur yang masih rusak berat dan belum maksimal tersentuh peningkatan jalan membuat perekonomian warga masih terpuruk.

"Infrastruktur jalan antar desa terisolir ini sebagian masih tanah, sehingga musim hujan rawan dilintasi. Termasuk para pengguna sepedamotor sekalipun sulit melintasinya saat membawa hasil pertanian seperti jahe, jagung dan cabai atau pun membawa kebutuhan sehari-hari dari desa ini ke Tigabinanga," ujarnya.

Bahkan kalau hujan turun lebat, jalan berlumpur dan rawan longsor. Pengendara sepedamotor yang melintas di lokasi jalan tersebut bisa tergelincir dan terbalik.

Diharapkan mereka agar pemerintah Kabupaten Karo melalui instansi terkait dapat secepatnya memperbaiki jalan tersebut.
Pantauan SIB, Kamis (10/1) di sejumlah ruas jalan penghubung antar desa seperti jalan Desa Ketawaren-Naga-Lau Lingga dan Desa Buluh Pancur. Selain itu jalan tersebut menghubungkan Desa Suka Dame dan lima dusun masing-masing, Dusun Sigedang, Pinem, Rambah Telko, Juma Batu dan Dusun Pamah Silep-silep Kecamatan Kuta Buluh, Kabupaten Dairi kondisiya rusak dan memprihatinkan. (B03/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments