Rabu, 05 Agu 2020

Jadi Rujukan Covid-19, RSUD Tarutung Butuh Laboratorium Tes PCR

Posma Simorangkir Rabu, 29 April 2020 16:29 WIB
Foto: SIB/Dok
Bupati Taput Nikson Nababan
Tarutung (SIB)
Pemerintah RI menetapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarutung sakit rujukan pasien suspek virus corona (Covid-19) wilayah Tapanuli. Karenanya, RSUD ini membutuhkan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk pemeriksaan swab virus corona.
Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Rabu (29/4/2020) di Tarutung mengatakan selayaknya pemerintah pusat sudah memperlengkapi RSUD Tarutung sebagai rujukan pasien Covid-19 dengan laboratorium PCR agar penanganan pasien dapat dengan cepat dilakukan.
Sejauh ini kelengkapan yang dimiliki RSUD Tarutung hanya rapid tes. Adapun untuk swab tes hanya sebatas pengambilan sampel. Lalu untuk mengetahui hasilnya harus mengirimkan ke laboratorium tes PCR Sumaters Utara di Medan dan Litbangkes di Jakarta.
"Prosesnya membutuhkan waktu lama, bisa sampai dua minggu hasil laboratorium baru diberitahukan. Untuk lebih efisien dan maksimal, maka RSUD Tarutung sudah seharusnya dilengkapi laboratorium," sebutnya.
Untuk itu Nikson Nababan mendesak perhatian pemerintah pusat memperlengkapi kebutuhan laboratorium tes PCR RSUD Tarutung. (*)

Editor: Robert Banjarnahor

T#gs Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) laboratorium PCR pemerintah pusatTarutung
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments