Rabu, 03 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran

Istri dan Tiga Anak Pasien Covid-19 di Pematangsiantar Dinyatakan Positif

* Empat Pasien Positif Covid-19 di Simalungun
redaksisib Minggu, 05 April 2020 12:40 WIB
SIB/Bambang J Sitanggang

KONFERENSI PERS: Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Simalungun JR Saragih diampingi Wakil Ketua Dandim 0207 Simalungun Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan bersama tim lainnya saat menggelar konferensi pers memberikan penjelasan terkait perkembangan kasus Covid-19 di Posko Tanggap Darurat corona virus disease (Covid-19) Kabupaten Simalungun Jalan Asahan Kecamatan Siantar, Sabtu (4/4). 

Pematangsiantar (SIB)
Istri dan 3 anak pasien positif Covid-19 berinisial SJS (44), warga Bandar Lampung yang sudah menetap selama 2 tahun di Jalan Farrel Pasaribu Pematangsiantar dinyatakan positif Covid-19, setelah pemeriksaan sampel dilakukan menggunakan rapid test.

"Lima orang yang diambil sampelnya yaitu, istri, 3 anak dan satu orang keponakannya. Karena, kelimanya masuk dalam kelompok resiko tinggi. Berdasarkan pemeriksaan menggunakan rapid test, kelima orang yang diambil sampelnya, empat orang dinyatakan positif Covid-19," kata Pj Sekda Pematangsiantar Kusdianto SH melalui press rilis Bagian Humas dan Protokoler Pemerintah Kota Pematangsiantar, Sabtu (4/4).

Sesuai dengan Undang-undang No 6 tahun 2018 tentang karantina kesehatan, keempat orang tersebut akan menjalani isolasi diri di rumah, tetap dalam pengawasan petugas Dinas Kesehatan Pematangsiantar, melakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan mereka setiap hari.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Hefriansyah melalui siaran persnya dari Rumah Dinas Wali Kota Pematangsiantar, Sabtu (4/4) sore mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya tindak lanjut.

"Petugas medis tim gugus tugas juga sudah melakukan rapid test kepada keluarga pasien. Hasilnya, istri dan 3 anak pasien disebut dengan istilah reaktif dan keponakannya non reaktif. Terhadap mereka yang reaktif akan dilakukan pemeriksaan sweb, yaitu melalui cairan hidung dan tenggorokan. Hasil pemeriksaan selanjutnya dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan di Jakarta," katanya.
empat pasien

Hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tim medis di RSUD Perdagangan, 4 pasien yang ditangani positif Covid-19.
Dari keempat pasien, dua diantaranya merupakan suami isteri yakni SS dan NS warga Kecamatan Bandar, TJS warga Kecamatan Gunung Maligas dan AS warga Aek Natolu.

Hasil itu diperoleh setelah pasien diperiksa dengan menggunakan rapid test, pemeriksaan paru dan hasil laboratorium.
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Simalungun JR Saragih mengatakan hal itu, saat memberikan penjelasan terkait perkembangan kasus covid-19 di Posko Tanggap Darurat Corona virus disease (Covid-19) Kabupaten Simalungun di Jalan Asahan Kecamatan Siantar, Sabtu (4/4).

Dari hasil pemeriksaan, para pasien yang dirawat mengalami keluhan gejala demam dan sesak napas.
Pasca adanya warga yang positif, pihaknya sudah menyampaikan kepada dinas sosial untuk melakukan pendataan dan memberikan bantuan bagi warga yang kurang mampu.

Kepada Dinas Kesehatan juga telah disampaikan untuk membagikan vitamin kepada masyarakat agar mereka tetap sehat.
Sedangkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sudah disampaikan agar mengirimkan air bersih ke Desa Bangun Pane agar tidak terjadi kontak langsung masyarakat untuk mengambil air di bak umum.

Pihaknya juga akan melakukan rapat bersama dengan tim medis untuk mengambil langkah lebih lanjut terkait penanganan pasien.

"Mudah-mudahan dengan hadirnya alat pemeriksaan kesehatan seperti rapid test, swab, maupun alat pendukung kesehatan lainnya, sesegera mungkin melakukan deteksi dini kepada masyarakat," ujar JR Saragih.

JR Saragih mengimbau masyarakat untuk tetap menahan diri di rumah, rajin cuci tangan dan tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat. (S01/S11/q)

T#gs COVID-19covid 19JR SaragihKetua Gugus Tugas Percepatan Covid-19 HefriansyahPasien PositifPematangsiantarPositifrapid test
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments