Sabtu, 19 Okt 2019

Implementasi Permen BUMN, 22 UMKM Binaan PTP III Terima Dana Kemitraan Rp 1,08 M

admin Minggu, 15 September 2019 13:12 WIB
SIB/Donal Tampubolon
DANA KEMITRAAN: Usai menyalurkan program dana kemitraan kepada 22 UMKM, H Ahmad Gusmar Harahap, H Eltavip Mandala Hasibuan, H Unang Kuswono, Wilson Pane, Aminah Marina Hasibuan serta peserta lainnya foto bersama di balai Avros Kebun Sei dadap distrik Asahan, Kamis (12/9).
Kisaran (SIB) -Untuk mengimplementasikan peraturan Menteri BUMN no; Per-02/MBU/07/2017, PT Perkebunan Nusantara III (Persero) menyalurkan program dana kemitraan sebesar Rp 1.080 M kepada 22 UMKM (mitra binaan) pada triwulan ketiga 2019. Penyaluran bantuan dilaksanakan di balai Avros Kebun Sei dadap Distrik Asahan. Kegiatan tersebut bertemakan, Mandiri Bersama PTPN III, Kamis (12/9).

Hadir dalam kegiatan SEVP SDM dan Umum PTPN III H Ahmad Gusmar Harahap, General Manager Distrik Asahan H Eltavip Mandala Hasibuan, Kabag PKBL (Program Kemitraan Bina Lingkungan) H Unang Kuswono, seluruh manager kebun/unit se-Distrik Asahan, Kabid Umum Wilson Pane, Staf Bidang Umum Aminah Marina Hasibuan, Notaris Dody Safnul SH dan rekan, Effendi perwakilan PT Asuransi Jasa Tania Tbk, mitra binaan dan lain sebagainya.

GM Distrik Asahan H Eltavip Mandala Hasibuan dalam sambutan mengatakan, berterima kasih kepada PTPN III atas terlaksananya penyerahan dana mitra lingkungan yang mana manfaatnya sangat dirasakan masyarakat. "Kami juga berharap di tahun yang akan datang pelaksanaan seperti ini dapat dilaksanakan kembali sehingga kebun-kebun yang ada di sekitar Dasah ini dapat menjadi lebih kondusif," katanya.

H Ahmad Gusmar Harahap pada kesempatan itu menyebut, ini merupakan perwujudtan dari peraturan Menteri BUMN no; Per-02/MBU/07/2017 dimana keberadaan BUMN khususnya PTPN III Persero harus bisa dirasakan manfaatnya bukan saja bagi karyawan tapi juga untuk masyarakat sekitar perusahaan. Disebut Gusmar, melalui program BUMN hadir untuk negeri dengan menyalurkan dana bantuan kepada mitra binaan, terutama yang berada di sekeliling perusahaan/kebun-kebun bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar melalui usaha yang saat ini sudah dikelolanya.

Dijelaskan Gusmar, penyaluran dana kemitraan yang dilaksanakan sekarang ini telah melalui berbagai syarat/ketentuan, dimana mereka terlebih dahulu mengajukan proporsal. Kemudian, proposal itu diteliti dan survey, layak apa tidak usaha tersebut dibantu. "Proses ini perlu kita lihat karena dana yang disalurkan adalah dana bergulir, artinya, penerima bantuan punya kewajiban membayar cicilan setiap bulan meskipun bunga nya cukup ringan yakni 3% dalam setahun," katanya.

Menurut Gusmar, PTPN III Persero memberi bantuan kepada 22 calon mitra binaan dimana 17 UMKM adalah mitra binaan baru dan 5 UMKM mitra binaan lama. Perlu diketahui, kepada UMKM mitra binaan lama punya batasan maksimum, mereka hanya boleh menerima bantuan tiga kali. (A04/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments