Rabu, 23 Okt 2019

Ikut Perlombaan Desa Percontohan, Jalan ke Desa Kemkem Memprihatinkan

admin Kamis, 10 Oktober 2019 16:55 WIB
SIB/Mitcha Sebayang
BUTUH PERBAIKAN: Kondisi jalan ke Desa Kemkem, Kecamatan Tiga Binanga, Kabupaten Karo rusak dan dipenuhi kubangan dan butuh perbaikan. Foto dipetik, Rabu (9/10).
Tanah Karo (SIB) -Salah satu Desa Percontohan yang mengikuti perlombaan di tingkat Provinsi Sumatera Utara 2019, yakni Desa Kemkem Kecamatan Tiga Binanga, Kabupaten Karo saat ini butuh perbaikan infrastruktur.

Pasalnya, jalan yang membelah lahan pertanian mulai dari Simpang Desa Lau Kapor menuju Desa Kemkem sepanjang sekira 3 kilometer kondisinya memprihatinkan. Di sepanjang jalan banyak ditemukan badan jalan aspal sudah berubah menjadi jalan tanah.
Hal itu dikatakan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Elias Prentes Tarigan didampingi Kepala Desa Kemkem, Sinar Kaban kepada SIB, Rabu (9/10) di Tiga Binanga.

Menurutnya, tahun 2018 lalu sudah ada perbaikan jalan hotmix sepanjang 700 meter dari simpang jalan nasional menuju simpang Desa Lau Kapor. Warga desa berharap kepada Pemkab Karo melalui Dinas PUPR Karo untuk perbaikan lanjutan ke Desa Kemkem.

Menurutnya, kondisi jalan dari simpang Desa Lau Kapor menuju Desa Kemkem sudah sangat memprihatinkan. Apalagi jalan menuju desa itu banyak sekali tanjakan dan turunan. Saat ini musim hujan pengguna jalan roda empat dan roda dua sering terpatar, karena kondisi jalan sudah banyak bagai kubangan kerbau membuat jalan menjadi licin.

Dikatakannya, kondisi jalan rusak ini sudah terjadi sejak puluhan tahun dan hingga saat ini belum diperhatikan. Akibatnya permukaan aspal sudah banyak terkelupas dan rusak. "Kami warga mengharapkan ada perbaikan lanjutan, mengingat situasi jalan sangat parah. Kita mengharap Bupati Karo dapat melanjutkan perbaikan pada ruas jalan yang belum tersentuh perbaikan ini," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya telah berulang mengusulkan perbaikan di Musrenbang kecamatan. Dan kabarnya, perbaikan ini sudah ditampung pada PAPBD tahun 2019, namun belum ada tanda-tanda untuk perbaikan.

Ketika disinggung, di tengah kondisi jalan yang butuh perbaikan tersebut ternyata Desa Kemkem mengikuti perlombaan desa percontohan untuk tingkat provinsi Sumut, ia menjelaskan bangga dapat mengikuti perlombaan Desa Percontohan untuk tingkat provinsi. Namun di sisi lain, sangat prihatin terhadap kondisi ril pada ruas jalan utama ke desa ini rusak berat dan sepanjang jalan aspal sudah berubah menjadi kubangan kerbau. "Kita berharap pada PAPBD Tahun 2019 ada perbaikan pada ruas jalan ke desa ini," harapnya. (K03/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments