Kamis, 18 Jul 2019

IMB, Pembangunan Perumahan Duta Disorot

* Pengembang Bantah Tidak Miliki IMB
admin Kamis, 16 Mei 2019 13:44 WIB
Ilustrasi
Kisaran (SIB) -Pembangunan Perumahan Duta di Jalan FL Tobing Kelurahan Gambir Baru Kecamatan Kisaran Timur, disorot publik. Pasalnya, di lokasi pembangunan, ratusan unit rumah sudah berdiri bahkan sudah terjual namun tidak ada terlihat plang IMB. Warga menduga, perizinannya tidak beres.

Riswan Sitanggang, warga setempat bersama Mahong Simorangkir kepada SIB, Selasa (14/5), menuturkan, meskipun hampir seratusan rumah sudah berdiri namun warga sekitar tidak mengetahui pengembang yang membangun perumahan itu. Yang lebih mengherankan lagi, lanjut Riswan, sampai saat ini pengembang belum melengkapi dokumen, tapi telah membangun hingga ratusan rumah. "Jika IMB belum ada dan persyaratan normatif belum dipenuhi sementara aktivitas di lapangan sudah ada, bagi kami ini sangat aneh," katanya.

Terhadap pembangunan perumahan itu, sambungnya, pihaknya sudah mempertanyakan ke Dinas Perizinan. Dan jawabannya hanya 76 unit yang didaftarkan, sisanya masih belum ada.

Darwin Idris, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPPTSP) Asahan ketika dikonfirmasi menyebut, permohonan IMB dari pengembang sudah diproses 76 unit. "Kalau ditanya permohonan izin lainnya dengan nama yang sama, Saya tidak ingat lagi karena berkas-berkas yang masuk sangat banyak. Butuh waktu untuk mengecek data pemohon," sebut Darwin.

Terpisah, Nato Wijaya selaku pengembang dengan PT Duta Sentosa ketika dikonfirmasi menyebut, memang benar pihaknya ada membangun perumahan tempat tinggal tipe 36 di Kelurahan Gambir Baru Kecamatan Kisaran Timur dengan 5 tahap yakni, Duta Mas Indah 76 unit, Duta Sentosa 30 unit, Duta Indah 37 unit, Duta Jaya 27 unit dan Duta Asri 16 unit.

Dia membantah tudingan PT Duta Sentosa selaku pengembang tidak memiliki IMB. Sebagai bukti, Duta Mas Indah dan Duta Sentosa sudah ada IMB dengan No 503/IMB-DPMPPTSP/0067/XII/2018 dan No 503/IMB-HP/DPMPPTSP/0010/IV/2019. Tiga tahap lagi sedang dalam proses.

"Kami pasti mengikuti aturan yang berlaku dan memastikan menunggu proses perizinan. Kita kooperatif kok, karena tanpa IMB pengembang tidak bisa berhubungan langsung dengan bank terkait," katanya. Dia juga mengatakan, persoalan izin saat ini sedang dalam proses pengurusan dan pihaknya tidak akan melanggar aturan yang berlaku. (A04/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments