Senin, 21 Okt 2019

Himapsi Harapkan Setiap Desa di Simalungun Miliki Perpustakaan

Kamis, 22 November 2018 18:35 WIB
Defri Christianto Damanik SPd
Simalungun (SIB)- Untuk meningkatkan minat baca masyarakat, setiap desa di Kabupaten Simalungun diharapkan memiliki perpustakaan. 
Hal tersebut dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Himapsi) Defri Christianto Damanik SPd, Rabu (21/11) di Saribudolok.

"Dengan adanya perpustakaan di seluruh desa, maka Sumber Daya Manusia (SDM) di tingkat desa, akan lebih maju dan memiliki wawasan tinggi, sehingga tidak kalah dengan pola pikir masyarakat perkotaan," katanya.

Menurutnya, majunya pembangunan suatu daerah, dapat juga dilihat dari majunya pola pikir seluruh masyarakatnya, termasuk warga yang tinggal di pedesaan. 
"Kenapa demikian. Sebab, jika pola pikir warganya maju, berarti sudah bisa meningkatkan taraf hidupnya. Muaranya, kesejahteraan. Jika sudah begitu, suatu daerah itu dikatakan sudah maju," imbuhnya.

Untuk itu, tegasnya, setiap desa di 'Bumi Haboran Do Bona' diwajibkan memiliki perpustakaan, agar maju warganya, maju desanya.

"Tentu, guna mewujudkan itu, diharapkan seluruh pangulu agar membuat anggaran perpustakaan di APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa)," ujarnya sembari mengatakan, saat ini DPC Himapsi Simalungun telah memiliki konsep mengadakan perpustakaan bergilir di setiap desa di Simalungun. (D06/h)


T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments