Jumat, 22 Nov 2019

Hari Kesehatan Nasional Tingkat Tobasa Diperingati Sederhana

Jumat, 16 November 2018 16:26 WIB
SIB/Eduwart MT Sinaga
HARI KESEHATAN: Wabup Tobasa Hulman Sitorus didampingi Kadis Kesehatan Tobasa dr Juliwan Hutapea, saat akan membuka perlombaan pendampingan pemberian makan tambahan bagi ibu dan anak -anak balita di Sunset Beach Lumbangaol Tambunan Kecamatan Balige Tobasa
Tobasa (SIB) -Peringatan Hari Kesehatan Nasional  ke- 54 tahun 2018,tingkat Kabupaten Toba Samosir dilaksanakan di  Sunset Beach Pasir putih Desa Tambunan Hutagaol, Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir, Kamis (15/111) ditandai dengan upacara bendera yang dipimpin oleh Wakil Bupati Toba Samosir Hulman Sitorus.

Kepala Dinas Kesehatan Toba Samosir dr Juliwan Hutapea selaku ketua umum pelaksana melalui Ketua Panitia Hari Peringatan  Hari Kesehatan Nasional tingkat Tobasa  dr Tommy Siahaan, menyampaikan, dalam rangkai pelaksanaaan HKN ini, dilakukan  lomba pendampingan pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil. Begitu juga dengan lomba pendampingi pemberiaan makan tambahan bagi para balita serta pelaksanaan senam Germas (gerakan masyarakat sehat).

Sementara Hulman Sitorus, membacakan sambutan Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek menyampaikan, meningkatkan kesadaran masyarakat berperilaku hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) telah diprakarsai oleh Presiden RI dan menjadi suatu gerakan nasional yang tertuang dalam Inpres No 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Menurut Menteri, Indonesia masih menghadapi tantangan permasalahan kesehatan  di antaranya masih tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular. Ini harus segera diselesaikan jika ingin meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang.

"Terutama Puskesmas, ini perlu saya ingatkan pada para kepala dinas dan kepala puskesmas agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan di daerah masing-masing. Puskesmas dan tenaga kesehatan di dalamnya harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan upaya promosi perilaku hidup bersih dan sehat".

`Dalam kesempatan itu menteri mengajak seluruh insan kesehatan baik dijajaran Kementerian Kesehatan maupun ditingkat daerah agar menjadikan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 sebagai momentum untuk merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan serta sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur. lintas sektor, dalam melaksanakan pembangunan kesehatan. (H01/c) 
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments