Selasa, 10 Des 2019

Galian C Tak Berizin di Gunungsitoli Longsor, Ancam Nyawa Warga

redaksi Selasa, 12 November 2019 16:39 WIB
Sib/Doc
LONGSOR: Galian C masyarakat di Jalan Dr Cipto Mangunkusumo tumpah ke jalan mengakibatkan akses putus total, Minggu (11/11).

Gunungsitoli (SIB)
Satu titik galian C tidak berizin di Jalan Dr Cipto Mangunkusumo Kelurahan Pasar Kota Gunungsitoli longsor dan menutupi badan jalan produktif, Minggu (10/11).


Beruntung, jalur yang biasanya ramai dilalui masyarakat tidak menimbulkan korban jiwa, namun beberapa kendaraan roda dua yang parkir mengalami kerusakan.


Pantauan SIB, galian hanya berjarak 5 meter dari ruas jalan. Sementara sisi jalan merupakan hunian padat penduduk.
Kasat Polisi Pamong Praja Gunungsitoli, Eko Zebua sebaik terjadi longsor, kepada wartawan menerangkan personilnya sudah turun ke lokasi membantu menyiasati galian yang melumpuhkan akses jalan.


"Longsor terjadi akibat aktivitas galian C tanpa izin yang dilakukan warga di daerah tersebut," jelasnya.


Ditambahkan, beberapa waktu yang lalu Satpol PP telah melarang warga untuk melakukan penggalian batu dan tanah di lokasi tersebut, karena bisa membahayakan pengguna jalan, tapi sayang terus berlanjut.


"Tidak ada korban jiwa, namun demikian kita imbau pengguna jalan hati hati, atau mengambil jalur lain jika melintas," imbaunya.


Dilapor ke Polisi
Longsor galian C di Jalan Cipto Mangunkusumo juga mengakibatkan bangunan Pemko Gunungsitoli mengalami kerusakan di sisi jalan, sehingga Dinas PUPR membuat laporan pengaduan kepada Polres Nias.


Dalam surat bernomor 600/2874/PUPR/2019 yang diteken Kadis PUPR Gunungsitoli Ampelius Nazara, warga berinisial HZ dilapor karena galian dan pengerukan yang dilakukan menyebabkan kerusakan asset negara berupa tembok penahan yang baru dikerjakan. (BR9/t)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments