Minggu, 20 Sep 2020

Empat Ruas Jalan Menuju Padangpasir Berlubang-lubang

Rabu, 16 September 2020 13:42 WIB
Foto SIB/Efran Simanjuntak

ELAK LUBANG JALAN: Mobil berusaha mengelak jalan rusak berlubang di Jalan T Amir Hamzah menuju Padangpasir Kelurahan Urungkompas, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Senin (14/9) sore. Empat jalan protokol menuju Padangpasir itu dihiasi lubang-lubang. 

Rantauprapat (SIB)
Empat ruas jalan protokol dari Kota Rantauprapat menuju wilayah Padangpasir di Kelurahan Urungkompas, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, itu dihiasi lubang-lubang. Orang-orang yang tidak suka jalan jelek berlubang, menjulukinya jalan seratus lubang, karena lewat dari jalan mana saja pasti jumpa dengan lubang dan lubang.

Mau lewat dari Simpang Kampungbaru, Simpang Rantau Lama, Simpang Bank Mandiri Jalan KH Dewantara dan Simpang Mangga Jalan Belibis, semua ada lubang.

"Makanya, berkendara ke arah kami Padangpasir harus berhati-hati, Pak. Banyak lubang, soalnya. Seratus ada itu. Sekarang semua kondisinya makin parah, apalagi ini sudah musim hujan," sebut Siregar, warga Padangpasir, Senin (14/9) sore, saat ditemui wartawan.

Menurutnya, lurah, camat, bahkan bupati pun dipastikan mengelak lubang jalan dimaksud. Tidak mungkin sepedamotor atau mobilnya ditabrakkan ke lubang jalan itu. Pasti mengelak.

Sebab pada umumnya orang berkendara berusaha mengelak dari lubang jalan, karena takut bannya bocor atau meledak. Paling tidak, getaran kendaraan akibat menabrak lubang menghilangkan siulan.

Posisi lubang condong di jalur kiri arah Padangpasir. Baik dari simpang Kampungbaru ke Jalan Asrol Adam-Dewi Sartika-T Amir Hamzah, atau dari simpang Kampungbaru ke Jalan Asrol Adam-KH Dewantara-Amir Hamzah. Begitu juga dari simpang Rantau Lama-KH Dewantara-Amir Hamzah, simpang Bank Mandiri-KH Dewantara-Amir Hamzah dan simpang Mangga -Jalan Belibis ke Padangpasir.

"Semua ada lubangnya. Mudah-mudahan ada perbaikan ke depan. Kita sangat berharap. Apalagi jalan ke arah rumah sakit umum itu sebaiknya muluslah. Nggak kayak ini berlubang-lubang," ujarnya berharap perbaikan.

Gara-gara mengelakkan lubang, bisa menimbulkan kecelakaan. Banyaknya lubang di badan jalan-jalan itu menjadi pekerjaan rumah yang tidak ada hentinya bagi pemerintah. Ada dana perawatan yang bisa dimanfaatkan untuk menutup lubang-lubang itu.

Kondisi jalan rusak sering menyebabkan kecelakaan, bahkan mengakibatkan jatuh korban dan kerugian harta benda akibat terperosok atau terserempet atau ditabrak kendaraan lain saat menghindari lubang jalan rusak.

Pemerintah perlu memasang alarm peringatan pada jalan rusak berlubang di 4 jalan itu. Sebenarnya ada sanksi apabila membiarkan jalan rusak. Sesuai pasal 24 ayat (1) Undang-Undang No.22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan, penyelenggara wajib segera dan patut untuk memperbaiki jalan yang rusak yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalulintas. (BR6/c)

T#gs Berlubang-lubangMenujuPadangpasirRuas Jalan
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments