Kamis, 14 Nov 2019

Dugaan Penyimpangan Proyek Senilai Rp 16 miliar lebih, Oknum Dinas PSDA Sergai Diperiksa

* Kadis PSDA : Banyak yang Terkait Dalam Hal Ini
Selasa, 11 Februari 2014 12:46 WIB
SIB/int
Ilustrasi
Sergai (SIB)- Kabid Pengelolaan Irigasi Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Serdang Bedagai (Sergai) berinisial NP ST, Jumat (7/2),  diperiksa unit Tipikor Polres Sergai terkait dugaan penyimpangan 95 paket proyek BDB senilai Rp 16 miliar lebih.

Bersamaan dengan pemeriksaan NP yang merupakan PPK proyek, pihak Tipikor Polres Sergai juga mengamankan berkas-berkas (dokumen) proyek dari kantor Dinas PSDA setempat, untuk membantu penyelidikan sehubungan dengan penanganan pemeriksaan kasus proyek dimaksud.

Sumber SIB di Mapolres Sergai di sela-sela pemeriksaan NP menyebutkan, bahwa saat ini, unit Tipikor Polres Sergai masih dalam tahap melakukan penyelidikan (Lid) untuk melakukan pengumpulan bahan dan keterangan dari pihak-pihak terkait di Dinas PSDA Sergai.

Untuk tahap awal, menurut sumber,  dilakukan dengan memeriksa NP serta meneliti berkas-berkas proyek. Tidak tertutup kemungkinan, terkait permasalahan ini bakal menyeret sejumlah nama di dinas PSDA Sergai termasuk kepala dinas.

Kemudian, untuk lebih konkritnya, sumber juga mengungkapkan bahwa pihak kepolisian sudah turun meninjau sejumlah proyek di Dinas PSDA Sergai yang diduga bermasalah tersebut di antaranya, di Kecamatan Perbaungan, Pegajahan, Sei Bamban dan Teluk Mengkudu. Dalam hal ini, jelas sumber, banyak ditemukan kejanggalan-kejanggalan misalnya, soal kualitas yang hampir merata hasil pekerjaannya jelek atau tidak sesuai dengan bestek, serta banyak hal lain yang diduga menyimpang.

Dari alamat perusahaan, rekanan yang mengerjakan proyek BDB yang masing-masing paket nilainya di bawah Rp 200 juta, terungkap perusahaannya banyak yang berasal dari luar daerah seperti, Stabat, Binjai dan daerah lain.

Dan yang menimbulkan kecurigaan, disinyalir proyek-proyek tersebut dikerjakan oleh oknum tertentu di Dinas PSDA Sergai dengan meminjam perusahaan dari luar daerah.

Sejauh ini, Polres Sergai masih dalam tahap penyelidikan dan diharapkan dapat mengungkap seterang-terangnya kasus ini. Dari pantauan wartawan, NP diperiksa di ruang Tipikor Polres Sergai sekitar tengah hari hingga pukul 21.00 WIB malam.

Kadis PSDA Sergai Ir Jalaludin saat dikonfirmasi SIB terkait dugaan penyimpangan proyek di dinasnya ini, seusai apel pagi di depan kantor Bupati Sergai tidak banyak berkomentar. Hanya saja, dia mengisyaratkan bahwa dirinya bekerja bukan untuk kepentingan sendiri.

“Banyak yang terkait dalam hal ini,  dan tidak perlu diungkap. Sama-sama tahulah kita,” katanya singkat. (A-28/f)

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments