Rabu, 23 Okt 2019

Dinas PSDA Nisel Konsentrasi Perbaikan Jaringan Irigasi Lahan Pertanian Padi

Jumat, 17 Januari 2014 14:14 WIB
SIB/Dok
Kadis PSDA Nisel Ir Yusuf Nakhe
Nisel (SIB)- Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) konsentrasi untuk pembangunan jaringan irigasi di sejumlah areal pertanian andalan Nisel, juga melakukan perbaikan jaringan rusak pada sejumlah areal. Kadis PSDA Nisel Ir Yusuf Nakhe menjelaskan di kawasan perkantoran SKPD Jalan Baloho Indah, Kamis (16/1).

Beberapa lahan pertanian andalan yang diharapkan menjadi lumbung padi, Kecamatan Ismetano, Lahusa dan Fanayama, sehingga pada tahun 2013 lalu PSDA menerapkan pembangunan jaringan irigasi untuk mengimbangi program Dinas pertanian dalam rangka penambahan lahan sawah.

Pembangunan jaringan tahun lalu, menurut Yusuf belum maksimal supply air ke lahan persawahan sehingga pada anggaran 2014  pihaknya kembali melakukan sejumlah penetrasi dalam mengatasi masih minimnya supply air ditambah lagi setiap tahun areal persawahan bertambah.

Ia mengatakan, untuk membangun jaringan irigasi di Nisel pihaknya mengandalkan Dana Alokasi Khusus (DAK), keberadaan dana DAK menurutnya tidak tersedia setiap saat, harus melakukan usulan dan sejumlah penetrasi lain untuk mendatangkan DAK irigasi ke Nisel oleh karena itu butuh kerjasama berbagai pihak termasuk pertanian yang dianggap berkompeten.

Butuh Dukungan Pemprovsu
Kadis PSDA Ir Yusuf Nakhe mengatakan, Kabupaten Nisel, sesuai daerah yang baru mekar butuh sentuhan pembangunan secara marathon, maksimal dan terarah, khusus pembangunan jaringan irigasi disebutkan seharusnya mendapat perhatian dan dukungan dari Pemprovsu melalui dinas terkait, namun kenyataannya Dinas PSDA Pemprovsu hanya memberikan janji-janji manis.

“Kami kadang kesal dengan itikad PSDA Sumut, kami diundang untuk Musrembang dan membicarakan jaringan irigasi di Nisel namun tak satupun program pembangunan jaringan irigasi yang dialokasikan ke Nisel,” keluhnya.

Ia pun mengharapkan janji Pemprovsu ke depan jangan hanya “angin surga” melainkan berusaha menyisihkan sebahagian anggaran untuk dipergunakan membangun irigasi di Nisel demi warga tani. (C9/ r)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments