Sabtu, 23 Mar 2019

Dinas Lingkungan Hidup Targetkan Pembangunan 53 Bank Sampah di Pematangsiantar

admin Jumat, 15 Maret 2019 12:41 WIB
Ilustriasi
Pematangsiantar (SIB) -Dinas Lingkungan Hidup Pematangsiantar menargetkan pembangunan 53 bank sampah.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pematangsiantar Dedy T Setiawan di ruang kerjanya, Kamis (14/3).

Dedy mengatakan, bank sampah yang dimaksud, sebagai tempat untuk menjual sampah yang dihasilkan rumah tangga. Seperti sampah plastik, botol dan lainnya. Bank sampah akan membeli sampah dari masyarakat untuk diolah kembali.

"Jadi, orang yang datang ke bank sampah itu, untuk menyetorkan sejumlah sampahnya, seperti botol, plastik, kardus dan lainnya. Hasil penjualan sampah masyarakat, akan disimpan dalam bentuk tabungan dan bisa diambil sesuai dengan periode yang ditentukan. Untuk harga sampah, sudah ditentukan oleh bank sampah itu sendiri," kata Dedy.

"Kita akan bekerjasama dengan Dinas Pertanian, sehingga sampah bisa dijadikan sebagai pupuk kompos, untuk dapat dipergunakan," tambah Dedy.

Disampaikannya, untuk mendukung kinerja dalam menjalankan program yang akan dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Pematangsiantar, pihaknya sudah membentuk Saka Kalpataru.

Tugas pokok dan fungsinya Saka Kalpataru berupa, mengolah sampah yang ada pada bank sampah untuk didaur ulang menjadi kompos, mengurus kebijakan hemat air dan energi, serta konservasi keanekaragaman hayati demi kelestarian ekosistem, sumber daya genetik dan jasa lingkungan.

Dedi berharap, segala program dan rencana Dinas Lingkungan Hidup Pematangsiantar dapat berlangsung dengan baik sesuai rencana, atas dukungan seluruh lapisan masyarakat Pematangsiantar, katanya. (D12/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments