Minggu, 18 Agu 2019

Debit Air Sungai Mampang Kotapinang Berkurang

admin Senin, 12 Agustus 2019 20:31 WIB
SIB/ Barita Manullang
DEBIT AIR BERKURANG: Debit air anak Sungai Sosopan, Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) berkurang sejak cuaca panas melanda kawasan ini dalam beberapa hari terakhir, Sabtu (10/8).
Kotapinang (SIB) -Cuaca panas yang melanda Kotapinang, Labusel sekitarnya, akhir-akhir ini diduga menjadi salah satu penyebab turunnya debit air sejumlah sungai.

Amatan SIB, Sabtu (10/8), debit air sungai di 5 kecamatan yaitu Kotapinang, Torgamba, Kampung Rakyat, Silangkitang dan Seikanan mengalami penurunan seperti Sungai Barumun, Sungai Kanan, Sungai Tanjung Medan dan sejumlah sungai lainnya.

Akibat dari berkurangnya debit air sungai, suplai air ke puluhan anak sungai yang menjadi salah satu pasokan air untuk kebutuhan masyarakan dan pertanian menjadi terganggu.

Oceng, warga Desa Mampang Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) mengaku, sejak beberapa hari terakhir kewalahan memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Selama musim panas melanda Kotapinang sekitarnya, debit air di sumur galian warga berkurang. Selain itu, kebutuhan air untuk mengairi areal persawahan juga susah lantaran saluran air yang menyuplai air ke areal persawahan dan pertanian warga telah banyak berkurang.

"Debit air sangat jauh berkurang, sehingga menyulitkan kami untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," ujar Oceng.

Selama cuaca panas melanda sejumlah desa dan kecamatan di kawasan Kabupaten Labusel, pengolahan areal persawahan dan lahan pertanian sayur-sayuran warga menjadi terganggu. Seharusnya para petani sudah waktunya melakukan penanaman. Namun, lantaran pasokan air ke areal persawahan tersendat, membuat proses tersebut menjadi tertunda. (L05/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments