Rabu, 13 Nov 2019

DPRD Pertanyakan Realisasi Pendapatan Simalungun TA 2018 Cuma 24,64%

admin Sabtu, 25 Mei 2019 15:51 WIB
SIB/Jheslin M Girsang
PARIPURNA: Lembaga legislatif dan eksekutif menggelar rapat paripurna tentang penyampaian rekomendasi atas LKPj Bupati Simalungun Tahun Anggaran 2018 di Gedung DPRD Simalungun, Jumat (24/5).
Simalungun (SIB) -Panitia Khusus (Pansus) DPRD menyampaikan sejumlah rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Simalungun Tahun Anggaran 2018 pada rapat paripurna di Gedung DPRD Simalungun, Jumat (24/5).

Juru bicara Pansus Dadang Pramono membacakan rekomendasi tersebut di hadapan pimpinan rapat yaitu, Wakil Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati Amran Sinaga, para anggota dewan, pimpinan OPD dan lainnya. Selanjutnya, salinan rekomendasi diserahkan kepada Wakil Bupati.

Rincian rekomendasi meliputi, rekomendasi kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan urusan pemerintah daerah, penyelenggaraan tugas pembantuan dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan.

Rekomendasi setebal 16 halaman itu di antaranya menjelaskan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp 665.815.202.000, namun realisasi Rp 164.045.384.000 atau 24,64 persen. Hal itu menunjukkan bahwa realisasi PAD sangat rendah.
Untuk itu, Pansus meminta sebelum menetapkan target PAD terlebih dahulu dilakukan kajian terhadap sumber PAD yang dapat dicapai sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pansus juga menilai, perlu adanya peningkatan intensifikasi dan ekstensifikasi potensi pendapatan retribusi daerah. Kemudian perlu pengkajian ulang terhadap peraturan daerah tentang retribusi daerah.

Dalam hal peningkatan pendapatan daerah dari sektor pajak bumi dan bangunan diminta agar melakukan penyesuaian tarif NJOP bumi dan bangunan seiring dengan perkembangan wilayah daerah.

Bupati Simalungun melalui Amran Sinaga dalam sambutannya menyampaikan, rekomendasi dan catatan-catatan strategis akan menjadi masukan sekaligus bahan evaluasi bagi seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Simalungun dalam rangka meningkatkan kinerja, memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Disampaikan juga terimakasih kepada pimpinan dan anggota DPRD yang telah memberikan perhatian, pikiran dan tenaga sehingga pembahasan LKPj bupati dapat berjalan dengan baik. (S05/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments