Sabtu, 07 Des 2019

DPRD Langkat Setujui LPJ Bupati Tahun 2018

admin Kamis, 18 Juli 2019 14:04 WIB
SIB/Dok
PENGESAHAN : Pengesahan LPJ APBD 2018 ini ditandai dengan penandatanganan Surat Keputusan dan Berita Acara Persetujuan Bersama antara Bupati Langkat bersama Ketua DPRD Langkat, Selasa (16/7).
Langkat (SIB) -Tujuh Fraksi DPRD Langkat menyetujui Ranperda Laporan Pertanggung jawaban (LPJ) Bupati Langkat atas pelaksanaan APBD Tahun 2018 menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam Rapat Paripurna DPRD yang digelar, Selasa sore (16/7).

Ketua DPRD Langkat Surialam mengesahkan Ranperda tersebut menjadi Perda ditandai dengan mengetuk palu sidang, setelah segenap anggota dewan yang hadir menyatakan setuju.

Juru bicara Badan Anggaran DPRD Langkat Pujianto, SE sebelumnya dalam penyampaian hasil kerja Badan Anggaran DPRD yang telah membahas LPJ APBD 2018 bersama Kepala OPD menyatakan menyetujui disahkannya LPJ APBD 2018 menjadi Perda.

Dalam laporan Banggar itu, ada beberapa saran/rekomendasi, salah satunya, Banggar berharap Pemda harus lebih mengoptimalkan pengelolaan pariwisata sesuai visi misi Bupati Langkat tahun 2019-2024.

Selain itu, Banggar meminta Pemda untuk mampu mengelola aset dengan baik agar kedepannya penilaian BPK atas laporan keuangan Pemda memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Sama halnya dengan Banggar, Fraksi DPRD Langkat yang menyetujui LPJ APBD 2018 disahkan, namun fraksi-fraksi menekankan agar Pemda melalui OPD-nya agar mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari berbagai sektor supaya peningkatan pembangunan di bumi Langkat menjadi semakin baik dan merata.

Fraksi lainnya juga meminta Bupati Langkat untuk membuat fakta integritas kepada seluruh pengguna anggaran di jajaran Pemkab Langkat untuk tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum.

Ketua Fraksi Nasdem Ajai Ismail SE dalam pendapat akhir fraksinya, menilai sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) yang begitu tinggi saat ini, agar dapat dievaluasi melalui perencanaan yang lebih baik, efisien dan tepat guna lagi kedepannya, agar Silpa dapat diminimalisir sehingga penyerapan anggaran di masing-masing OPD dapat meningkat.

Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin angin mengatakan, berbagai pandangan, tanggapan dan masukan dari anggota Dewan, terkait pemerintahan, pelaksanaan program-program pembangunan, serta persoalan-persoalan kemasyarakatan, sebagai bentuk kepedulian dalam mengawasi pembangunan Langkat.

"Untuk itu, saya atas nama Pemkab dan masyarakat Langkat, mengucapkan terima kasih kepada ketua dan wakil ketua serta seluruh anggota DPRD Langkat, yang telah bekerja secara optimal," tuturnya.

Pengesahan LPJ APBD 2018 ini ditandai dengan penandatanganan Surat Keputusan dan Berita Acara Persetujuan Bersama Kepala Daerah bersama Pimpinan DPRD Langkat sebagai bentuk disahkannya. (M-24/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments