Minggu, 09 Agu 2020

DLH Prov Sumut dan Japfa Aksi Bersih Danau Toba di Tigaras Simalungun

Minggu, 05 Juli 2020 13:24 WIB
Foto SIB/Linggom Parhusip

SERAHKAN: Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov Sumut Binsar Situmorang secara simbolis menyerahkan alat-alat kebersihan kepada masyarakat Tigaras Kecamatan Dolok Pardamean Simalungun, Senin (30/6). 

Simalungun (SIB)
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Japfa Comfeed Indonesia melalui anak usaha PT Suri Tani Pemuka (STP) menggelar gerakan 'Clean Up Danau Toba' atau pembersihan Danau Toba dari berbagai sampah di Tigaras Kecamatan Dolok Pardamean Simalungun, Senin (30/6).

STP melalui Deputy Head of Tilapia Operation Imam Santoso dalam sambutannya mengatakan, gerakan 'Clean Up Danau Toba' di wilayah Tigaras dan Salbe merupakan aksi nyata untuk mendukung program pelestarian lingkungan hidup dan pemulihan kualitas air Danau Toba dengan prinsip 3P (People, Planet, Profit) dan secara rutin dilakukan sesuai dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni setiap tahunnya.

"Tidak hanya bekerja sama dengan DLH Provinsi Sumatera Utara, namun kita juga bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat untuk aksi bersih-bersih Danau Toba dan pelatihan pengolahan limbah dari pembudidayaan ikan untuk berbagai jenis pupuk," ujar Santoso.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara Binsar Situmorang dalam sambutannya, kebersihan Danau Toba merupakan tanggung jawab kita bersama baik pemerintah, masyarakat maupun perusahaan.

"Oleh karena itu, kita harus bersinergi secara aktif untuk memberikan kontribusi nyata demi kebersihan dan kelestarian Danau Toba karena Danau Toba merupakan kebanggaan bersama,” kata Situmorang.

Binsar berharap melalui kegiatan gerakan bersih Danau Toba masyarakat yang tinggal disekitar Danau Toba turut berpartisipasi menjaga kebersihan Danau Toba dari berbagai jenis sampah dan eceng gondok yang tumbuh di permukaan air danau.

Selain itu, kata Situmorang kegiatan gerakan pembersihan Danau Toba dapat menumbuhkan semangat bergotong-royong dalam pengelolaan lingkungan hidup yang akan berdampak pada peningkatan kualitas air dan ekosistim di perairan Danau Toba.

"Kegiatan ini akan terus berkesinambungan sebagai upaya pembentukan karakter masyarakat dalam meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan sekitar Danau Toba," kata Situmorang.

Acara dirangkai dengan penyerahan alat-alat kebersihan angkong, sapu, cangkul, garpu, sarung tangan dan sepatu boat kepada masyarakat dan bersih-bersih dipinggiran pantai Danau Toba Tigaras. (S12/p)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments