Senin, 22 Jul 2019

Bupati dan Wakil Bupati Tobasa Kunjungi Pondok Bina Tani dan Pengelolaan IPAL di Parmaksian

admin Minggu, 14 Juli 2019 16:37 WIB
Tobasa (SIB) -Bupati Tobasa Darwin Siagian dan Wakil Bupati Hulman Sitorus mengunjungi Pondok Bina Tani dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PT Toba Pulp Lestari,Tbk (TPL) di Sosor Ladang, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Kamis (11/9).

Rombongan Pemerintah Kabupaten Tobasa itu disambut langsung oleh Direksi TPL, Vinod Kesavan, Mulia Nauli dan managamen lainnya. Bupati dan Wakil Bupati Tobasa juga langsung melihat proses produksi pulp (pulp warehouse) dan proses pengelolaan IPAL PT TPL.

Dalam kesempatan itu, rombongan juga melihat bagaimana proses pembibitan (nursery) dan penanaman eukaliptus. Selanjutnya rombongan mengunjungi rumah roasting kopi di Pondok Bina Tani sembari menikmati kopi dan ubi kayu olahan TPL.

Di sela-sela kegiatan kunjungan itu, Wakil Bupati Tobasa, Hulman Sitorus mengapresiasi komitmen perusahaan dalam menjaga lingkungan dengan menggunakan teknologi modern yang ramah lingkungan. Menurutnya proses pengolahan limbah pabrik penghasil bubur kertas tersebut telah menunjukkan bahwa limbah dan polusi akan berkurang.

Ke depan, Hulman berharap, TPL dapat membantu komunitas-komunitas masyarakat dengan kerjasama optimalisasi pemanfaatan konsesi milik TPL dengan menanam tanaman pangan seperti jagung dan lainnya. Dengan kerjasama tersebut ekonomi masyarakat di sekitar perusahaan dapat mengalami peningkatan.

Hulman juga berpesan kepada managamen TPL, agar ke depan tetap menjadi lebih baik, sehingga keberadaan perusahaan dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat dan daerah-daerah lainnya yang berada di sekitar perusahaan. (H03/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments