Kamis, 14 Nov 2019

Bupati Langkat Serahkan "Baco Suntil" Pada Pengungsi Sinabung

Selasa, 11 Februari 2014 14:08 WIB
SIB/Int
Ilustrasi
Langkat(SIB)- Bupati Kabupaten Langkat Sumatera Utara menyerahkan "baco suntil" kepada kaum ibu pengungsi erupsi gunung Sinabung yang berada di lokasi pengungsian Desa Telagah Kecamatan Sei Bingei.

"Ini bentuk perhatian tulus dari pemimpin Langkat kepada para pengungsi," kata Kepala Wilayah Kecamatan Sei Bingei Akhyar di Sei Bingei, Senin (10/2).
"Baco suntil" yang diberikan Bupati Langkat ini terdiri dari dua kilogram tembakau, 40 bungkus sirih, dua kilogram tambar dan dua kilogram kapur.

Pemberian "baco suntil" ini merupakan pertanda kasih sayang dari seorang anak kepada para orang tua, terutama kaum ibu yang kini berada di lokasi pengungsian agar mereka bisa menikmati tembakau, sirih, tambar dan kapur, untuk menyuntil di bibir, katanya.

Biasanya, kata Akhyar "baco suntil" ini oleh para kaum ibu dilengketkan di antara bibir dan gigi, untuk tembakaunya, sedangkan sirih, kapur dan tambar itu dikunyah-kunyah dan airnya ditelan, biasanya untuk kesehatan dan juga penguat gigi.

Selain memberikan "baco suntil", pada kunjungan keduanya di lokasi posko pengungsian warga erupsi gunung Sinabung, Bupati Langkat Ngogesa Sitepu juga makan bersama menikmati makanan saji yang sudah tersedia yang dibawa langsung Bupati, katanya.

Akhyar menjelaskan makanan yang disajikan bupati, buat para pengungsi itu seperti rendang daging sebanyak 70 kilogram, 1.300 porsi mie sop, 2.000 butir telur rebus, 800 porsi nasi goreng dan martabak telur, 2.000 gelas minuman hangat, yang seluruhnya diperuntukkan bagi pengungsi maupun masyarakat Desa Telagah, katanya.

Sementara itu secara terpisah Bupati Langkat Ngogesa Sitepu mengungkapkan rasa bangga dan terima kasihnya atas kepedulian masyarakat Desa Telagah Kecamatan Sei Bingei, yang telah berpartisipasi untuk meringankan beban warga pengungsi. 
  
"Kita doakan semoga warga pengungsi tetap diberikan kesabaran, dan bencana yang dialami mereka cepat berakhir, serta kedepannya dapat menjalani kehidupan yang lebih baik," kata Ngogesa Sitepu.

Dalam pemberian "baco suntil" itu, Bupati juga didampingi pelaksana Sekdakab Indra Salahuddin, Ketua TP-PKK Nuraida Ngogesa Sitepu, Delia Pratiwi beru Sitepu.(Ant/d)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments