Senin, 16 Sep 2019

Bupati Labura, Asahan dan Labusel Pimpin Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI

admin Minggu, 18 Agustus 2019 11:20 WIB
SIB/Dok
SERAHKAN BENDERA : Bupati Labura H Kharuddin Syah menyerahkan bendera kepada anggota Paskibra pada upacara HUT ke-74 RI di lapangan Polri Aekkanopan, Sabtu (17/8).
Aekkanopan (SIB) -Bupati Labubanbatu Utara (Labura) H Kharuddin Syah menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan HUT ke-74 RI tahun 2019 yang diikuti pelajar, perwakilan ormas, ASN dan peserta lain di lapangan Polri Aekkanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Sabtu (17/8). Ketua DPRD H Ali Tambunan dipercayakan membacakan teks proklamasi.

Upacara yang diikuti Wakil Bupati H Dwi Prantara, Sekda H Habibuddin Siregar itu terlaksana dengan baik. Sebanyak 53 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang berasal dari berbagai SMA sederajat di Labura yang telah dikukuhkan Kapolres Labuhanbatu, Kamis (15/8) lalu, juga dapat melaksanakan tugas dengan baik dan sempurna.

Bupati Labura memberi apresiasi dan ucapan selamat atas terlaksananya pengibaran bendera dengan baik. "Luar biasa, pelaksanaan pengibaran bendera tahun 2019 merupakan yang terbaik dari pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya," katanya.
Sebelumnya, berkaitan HUT ke-74 RI dilaksanakan malam taptu. Peserta malam taptu pawai obor dilepas dari Kantor Bupati Labura di Aekkanopan, Jumat (16/8) malam.

Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Asahan
Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 di Alun-Alun Kota Kisaran. Plt Bupati Asahan H Surya BSc bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara tersebut diawali dengan pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Asahan H Benteng Panjaitan SH MSi yang juga dihadiri Forkopimda Asahan beserta seluruh jajarannya, Sekda beserta OPD, Plt Ketua TP PKK , Camat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Veteran serta ribuan masyarakat yang ingin menyaksikan prosesi penaikan bendera kebangsaan NKRI.

Dalam kesempatan tersebut, Pasukan Pengibar Bendera dikomandani Letda Inf Sakkap Manalu dari Yonif 126/KC, sedangkan yang bertugas sebagai Perentang Bendera Hazwan Affandi, Penggerek Bendera Fachri Ramdhana, Komandan Kelompok Kevin Imanuel Sebayang dan Pembawa Baki Bendera Irma Yani.

Tepuk tangan yang meriah pun diberikan oleh seluruh peserta yang hadir sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan anggota Paskibraka yang merupakan putra-putri terbaik utusan dari berbagai sekolah di Kabupaten Asahan ditambah pasukan dari Yonif 126/KC yang telah berhasil melaksanakan tugas untuk mengibarkan duplikat bendera Merah Putih.

Selesai upacara, masyarakat juga terhibur dengan penampilan Parade Defile yang dilaksanakan oleh personel dari TNI dan Polri, Korpri, Paskibraka, Pramuka, Organisasi Kemasyarakatan dan Organisasi Kepemudaan. Tak ketinggalan penampilan marching band dari berbagai sekolah juga turut memeriahkan parade defile dalam rangka HUT RI ke- 73 tingkat Kabupaten Asahan.

103 Warga Binaan Dapat Remisi
Sedangkan, Bupati Labusel H Wildan Aswan Tanjung SH menyerahkan remisi HUT ke 74 RI kepada 103 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan kelas III Kotapinang, Sabtu (17/8).

Dari 103 warga binaan, satu di antaranya atas nama Misgi (38) perkara pencurian dengan vonis 7 bulan langsung bebas. Seharusnya Misgi baru dapat menghirup udara bebas pada tanggal 7 September 2019 mendatang. Lapas yang memiliki daya tampung 93 orang dengan 12 kamar hunian, 1 di antaranya blok wanita itu kini menampung 246 warga binaan. Dengan rincian, 126 tahanan dan 120 orang narapidana.

"Pidana narkoba 159 orang, 1 korupsi dan 86 pidana umum," kata Kepala Lapas Kelas III Kotapinang Erwin F Simangunsong.
Selain penyerahan remisi, Bupati Labusel Wildan Aswan Tanjung juga menyerahkan penghargaan Satya lencana karya satya 10, 20 dan 30 tahun kepada 5 petugas Lapas kelas III Kotapinang. Pada kesempatan itu, Wildan menyampaikan pemberian remisi kepada narapidana harusnya dimknai sebagai apresiasi Negara kepada warga binaan yang telah memiliki perubahan. Melalui pemberian remisi, warga binaan agar selalu patuh.

Pihaknya juga mengingatkan, kondisi Lapas yang mengalami over kapasitas menjadi perhatian pemerintah. Masih banyak terdengar adanya peredaran narkoba, penyalahgunaan ponsel dan pungli terjadi di dalam Lapas.

Sebelumnya, Bupati Labusel bertindak sebagai Inspektur Upacara pengibaran bendera HUT ke 74 RI di lapangan perkantoran bupati Labusel Desa Sosopan. Sedangkan bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten CPM Rio P Kusuma Dansubdenpom Cikampak. Pengibaran bendera dilakukan 70 personel Paskibra yang dikomandoi Riko Ardian Adit Prabowo siswa SMK Kihajar Dewantara Kotapinang, dan turut dihadiri Forkopimda Kabupaten Labusel, Pimpinan OPD, Organisasi, pelajar dan masyarakat. (L07/A06/L06/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments