Kamis, 20 Jun 2019

Bupati Batubara : Kemajuan Teknologi untuk Kedamaian, Bukan Peperangan

admin Sabtu, 25 Mei 2019 16:36 WIB
Bupati Batubara, Ir H Zahir M.Ap
Batubara (SIB) -Pemerintah Kabupaten Batubara menggelar peringatan malam Nuzulul Quran, Kamis (23/5) di Mesjid Al Hidayah Kecamatan Limapuluh.

Hadir dalam acara itu, Bupati Batubara H Zahir, Wakil Bupati Okq Iqbal Prima, Ketua DPRD Selamat Arifin, Sekda Sakti Alam Siregar, Kajari Batubara Mulyadi Sajaen, Kakan Kemenag Sopyan, Ketua FKUB Adenan Haris, kepala OPD, tokoh agama, masyarakat serta lainnya.

Zahir mengatakan, berbicara tentang Nuzulul Quran, walaupun Al Quran tidak menyatakan secara eksplisit namun sudah menjadi riwayat yang masyhur bahwa bulan ramadan adalah malam turunnya Al Quran. Wahyu pertama yakni surah Al Alaq yang berisi perintah untuk membaca (Iqra).

Makna iqra, sambungnya tidak hanya membaca tetapi juga bisa memahami, mengobservasi dan meneliti segala aktivitas yang menimbulkan pengetahuan. Hal ini menunjukkan dengan istilah Iqra kita didorong terus menerus menggali pengetahuan dan memperluas wawasan dan teknologi.

Menurutnya, kemajuan ilmu dan teknologi bertujuan menebar kedamaian bukan menabuh peperangan, di mana etika individual dan sosial harus sesuai norma agama dan tidak menurutkan hawa nafsu dan asas kebebasan". Itulah perlunya dimaknai kata iqra dalam ayat tersebut", ujarnya.

Disebutkan, pendidikan menjadi salahsatu kunci pendorong kesuksesan masyarakat dan kemajuan pembangunan daerah selaras dengan visi dan misi Pemkab Batubara. Pemerintah akan senantiasa meningkatkan kualitas pendidikan dan tetap bekerja keras untuk kemajuan pendidikan putra Batubara.

Menurutnya, indeks prestasi pendidikan Kabupaten Batubara telah meningkat hal itu telah dilihat dan dirasakan hasilnya. Akses transportasi dan akses sosial lainnya sudah menunjukkan kemajuan yang lebih baik.

"Mari satukan hati dan langkah menuju Batubara yang beriman, berilmu dan beramal soleh. Melalui peringatan malam Nuzulul Quran ini mari kita bangun ilmu pengetahuan dan teknologi untuk melahirkan SDM yang berakhlakul karimah," kata Zahir. (A13/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments