Minggu, 20 Sep 2020

Bupati Asahan Keluarkan Perbup Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

Rabu, 16 September 2020 14:01 WIB
Internet

Ilustrasi Perbup

Kisaran (SIB)
Bupati Asahan H Surya BSc telah menerbitkan Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 25 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus desease 2019. Perbub tersebut memuat jenis sanksi administratif meliputi, sanksi ringan yaitu teguran lisan dan teguran tertulis.

Ketika hal itu dikonfirmasi, Kadis Kominfo Asahan, Rahmad Hidayat Siregar kepada SIB, Selasa (15/9) membenarkan. “Saat ini sedang disosialisasikan”, ujarnya. Namun Rahmad tidak merinci lebih lanjut muatan apa Perbub Asahan no 25 tahun 2020 itu.

Informasi yang diperoleh, Perbub no 25 tahun 2020 ditetapkan pada tanggal 24 Agustus 2020. Pada BAB II, maksud dan tujuan pada pasal 2, peraturan bupati ini dimaksudkan sebagai dasar pelaksanaan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Asahan.

Pada pasal 3, Perbub ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan Covid-19, memberikan perlindungan dari penyebaran dan penularan Covid-19 dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam menekan penyebaran Covid-19.

Sementara untuk sanksi pada BAB VI pasal 9, bagi perorangan, pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum yang melanggar kewajiban sebagaimana dimaksud dalam pasal 6 dikenakan sanksi.

Sanksi pelanggaran penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi perorangan berupa teguran lisan atau teguran tertulis, kerja sosial dan denda administratif.

Sementara bagi pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum berupa teguran lisan atau teguran tertulis, denda administratif, penghentian sementara operasional usaha dan pencabutan izin usaha.

Dalam pelaksanaan, penerapan sanksi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) berkoordinasi dengan instansi /lembaga terkait, Komando distrik militer 0208/Asahan, Kepolisian Resort Asahan dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Asahan.

Pada BAB VIII pasal 11 tentang pendanaan, segala biaya yang diperlukan untuk melaksanakan Perbub ini dibebankan pada APBD Asahan dan sumber-sumber lain yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. (A04/c)

T#gs Bupati AsahanH Surya BScH.Surya BScKeluarkanpenegakan hukumPeraturan BupatiProtokol Kesehatan
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments