Senin, 09 Des 2019
  • Home
  • Marsipature Hutanabe
  • Besok Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan Bolahan Amak Butar Raja 2019 Dibuka

Besok Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan Bolahan Amak Butar Raja 2019 Dibuka

Dimeriahkan "Trio Sentana" dari Jakarta
redaksi Kamis, 21 November 2019 17:22 WIB
Foto SIB/Dok
Tunggul P Silalahi Sinabutar
Medan (SIB)
Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan Bolahan Amak Butar Raja tahun 2019 di Makam Raja Silahisabungan Desa Silalahi Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi akan dibuka besok (Jumat, 22/11) dan akan berlangsung hingga Minggu (24/11).

Pesta yang telah berlangsung setiap tahun sejak 1981 dengan Bolahan Amak bergantian oleh 8 (delapan) turpuk atau anak Raja Silahisabungan itu diperkirakan dihadiri puluhan hingga ratusan ribu orang dari seluruh penjuru nusantara.

Demikian dijelaskan Ketua Wilayah Sumut Tunggul P Silalahi Sinabutar SH mewakili Ketua Umum Panitia Dr Ir Sukardi Silalahi Sinabutar MBA dan Sekretaris Umum Perdi Silalahi Sinabutar SSos ME, Selasa (18/11) sebelum bertolak ke Desa Silalahi Dairi.

Menurut Tunggul, pesta akan diisi dengan berbagai ritual budaya seperti ziarah ke makam Raja Silahisabungan, manguras horbo, mangan sipitu dai, manomba Tulang Padang Batanghari dan Nairasaon dan tortor turpuk. Pada kesempatan itu drama "Poda Sagu Sagu Marlangan" dari Raja Silahisabungan kepada delapan anaknya yang kemudian disebut Turpuk akan dilaksanakan, sekaligus penyerahan Itak Sagu Sagu Marlangan ke setiap Turpuk, agar seluruh pomparannya senantiasa hidup rukun damai dan saling menopang. Kedelapan Turpuk Silahisabungan dimaksud adalah Loho Raja, Tungkir Raja, Sondi Raja, Butar Raja, Nabariba Raja, Debang Raja, Batu Raja, Tambun Raja.

Selain pagelaran budaya, lanjut Tunggul, juga akan digelar kegiatan lainnya seperti Funtrack yaitu mendaki Dolok Siattaratas, sekaligus penanaman pohon pada area yang telah ditentukan. Sedangkan beberapa kegiatan yang sudah dilakukan yaitu membangun foto booth swaphoto di sekitar tugu Silahisabungan, membangun sarana internet di Desa Silalahi 2 dan photo contest.
"Untuk memeriahkan pesta dan sekaligus menghibur undangan dan hadirin, kita menghadirkan artis-artis terkenal dari Jakarta, di antaranya Trio Sentana," ujar Tunggul seraya menyebut pada hari Minggu (24/11) akan diadakan Kebaktian Umum.

Dengan padatnya kegiatan budaya pada pesta ini, diharapkan akan menyedot minat wisatawan mancanegara dan domestik berkunjung ke Silalahi Dairi maupun ke Danau Toba yang bermuara pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar. (R4A/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments