Rabu, 21 Agu 2019

Baru Selesai Desember 2018, Lapen Jalan Nisel - Nisbar Rusak

admin Rabu, 12 Juni 2019 12:55 WIB
SIB/Dok
RUSAK : Jalan penghubung Nisel-Nisbar yang baru selesai dikerjakan Desember 2018 kini sudah rusak, Selasa (11/6).
Nisel (SIB) -Jalan provinsi penghubung Nias Selatan (Nisel) - Nias Barat (Nisbar) yang selesai dibangun Desember 2018 dengan lapen kini terlihat sudah rusak. Kerusakan diduga indikator material yang tidak layak dan sistem pengerjaan yang tidak profesional.

Pantauan SIB, Selasa (11/6), terjadi kerusakan yang membentuk lubang yang berlokasi di Desa Beruasiwalawa Nisel. Lubang tersebut menampung air hujan yang dapat menyebabkan kerusakan semakin melebar. Kerusakan demikian juga terjadi pada beberapa titik.

Material pasir yang digunakan untuk menimbun jalan terlihat pada beberapa titik yang tersapu air kini terlihat habis. Kondisi ini dikhawatirkan dapat menyebabkan kecelakaan karena terberam pada bahu jalan yang sudah longsor dengan kedalaman sekitar 50 cm. "Jalan ini seperti asal dikerjakan, padahal menghabiskan anggaran miliaran rupiah," ucap Suny Halawa kepada wartawan di lokasi.

Sebelumnya pembangunan jalan tersebut menelan biaya sekitar Rp 5 miliar pada TA 2018 yang merupakan tanggungjawab Unit Pelaksana Tugas Jalan dan Jembatan (UPTJJ) Gunungsitoli sebagai perwakilan Dinas Bina Marga Bina Konstruksi Sumut. Lemahnya pengawasan dan ketidakbecusan kinerja pejabat terkait dinilai penyebab minimnya kualitas pekerjaan. Sayangnya Kepala UPTJJ Gunungsitoli Equator Daeli belum memberikan penjelasan terkait hal itu, pesan konfirmasi yang dikirim ke selulernya tidak berbalas hingga berita dikirimkan ke redaksi. (N03/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments