Minggu, 09 Agu 2020

BPBD Pematangsiantar Gelar Pelatihan Satgas dan Pemulihan Pasca Bencana

redaksi Kamis, 12 Desember 2019 17:13 WIB
SIB/Dok
PELATIHAN: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kota Pematangsiantar saat menggelar acara pembukaan pelatihan Satgas dan pemulihan pasca bencana tahun 2019 di Hotel Sapadia Kota Pematangsiantar, Rabu (11/12).
Pematangsiantar (SIB)
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kota Pematangsiantar menggelar pelatihan Satgas dan pemulihan pasca bencana tahun 2019 di Hotel Sapadia, Pematangsiantar, Rabu (11/12).

Mewakili Wali Kota Pematangsiantar, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Dra Happy Oikumenis Daely dalam sambutannya mengatakan, pemerintah telah menetapkan undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana yang menekankan penyelenggaraan penanggulangan bencana, menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, didukung oleh masyarakat dan dunia usaha.

"Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan, pelatihan dan keterampilan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana, baik tahap pra bencana, saat terjadi bencana serta pasca bencana," katanya.
Disampaikannya, semakin seringnya terjadi ancaman bencana alam di wilayah Indonesia khususnya di daerah mengakibatkan kerugian besar, baik korban jiwa ataupun harta benda.

Menurutnya, penyelenggaraan penanggulangan bencana harus dilakukan dengan prinsip dasar membangun yang lebih baik (build back better). Dan pengurangan risiko bencana (disaster risk reduction), serta diwujudkan dalam bentuk rencana aksi rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

Selain itu, tidak kalah penting adalah, meningkatkan pengetahuan/kapasitas sumber daya manusia dan pemangku kepentingan terhadap beberapa pedoman terkait rehabilitasi dan rekonstruksi dalam penanggulangan bencana.

"Saya meminta kepada narasumber, pelatih, maupun peserta dapat bekerja sama dalam proses pembelajaran pada kegiatan pembekalan ini. Dengan demikian proses transformasi pengetahuan dan keterampilan dapat tercapai secara maksimal. Untuk melahirkan sumber daya manusia yang tangguh pada masa mitigasi, tanggap darurat dan pasca bencana," ungkapnya.
Sementara, Kepala BPBD Pematangsiantar Drs Midian Sianturi mengatakan, tujuan kegiatan untuk memperkuat kapasitas sumber daya manusia pada penyelenggaraan penanggulangan bencana. Terutama dibidang kesiapsiagaan personil, serta tahap pasca bencana rehabilitasi dan rekontruksi.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, Rabu (11/12) di Simalungun Room Sapadia Hotel Pematangsiantar dan Kamis (12/12) diselenggarakan di Taman Eden 100 Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Hadir, Ketua Forum Ketangguhan Bencana Sumatera Utara Drs Syafri Nasution MM, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Lurah se-Kota Pematangsiantar. (S11/t)


T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments