Jumat, 19 Jul 2019

Pemko Tebingtinggi Gelar Sosialisasi Kearsipan

Arsip Jadi Bukti Otentik Menghempang Hoax

admin Jumat, 12 Juli 2019 15:33 WIB
SIB/dok
CINDERAMATA : Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan memberikan cindramata kepada Deputi Kearsipan ANRI Jakarta, DR Andi Kasman sebelum mengikuti sosialisasi, di rumah dinas Wali Kota, Kamis (11/7).
Tebingtinggi (SIB) -Wali Kota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan kembali mengigatkan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Tebingtinggi tidak menganggap enteng masalah kearsipan. Sebab, arsip menentukan akuntabilitas suatu kebijakan dan berkaitan dengan informasi keterbukaan publik.

Hal itu dikatakan Umar saat membuka sosialisasi kearsipan di lingkungan Pemko Tebingtinggi, yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Arsip. Tampil sebagai narasumber DR Andi Kasman SE MM Deputi Kearsipan dari ANRI Jakarta di gedung Hj Sawiyah, Kamis (11/7).

"Dengan memelihara atau menyusun arsip dengan baik akan menyelamatkan diri sendiri dari kebijakan yang berimplikasi kasus hukum pidana atau perdata," kata Umar

Umar berharap dengan sosialisasi itu masalah kearsipan di Pemko Tebingtinggi tidak ada lagi. "Itu karena semua arsip kita sudah tertata baik dan rapi, sehingga tidak sulit mencarinya saat dibutuhkan," katanya.

Sementara itu Andi Kasman mengatakan, saat ini peran arsip sangat penting, apalagi banyak informasi Hoax dimana hal yang tidak benar bisa jadi benar jika didukung orang banyak. Untuk itu arsip menjadi barang bukti otentik suatu informasi.

"Saat ini ada 800 ribu situs di Indonesia yang menyebar informasi hoax dan arsip yang menjadi alat pembuktian dan punya peran penting," kata Andi (BR3/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments