Sabtu, 07 Des 2019

Alumni Fakultas Pertanian USU, Sondang Sitanggang Sukses Jadi Petani di Taput

admin Kamis, 05 September 2019 13:35 WIB
SIB/Bongsu Batara Sitompul
Petani : Sondang Sitanggang warga Dusun Siarangarang Desa Parbaju Tonga Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara menunjukkan cabai merah 22 ribu batang yang dikelolanya.
Tapanuli Utara (SIB) -Generasi muda yang kreatif, Sondang Sitanggang warga Dusun Siarangarang Desa Parbaju Tonga Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara yang merupakan Sarjana Pertanian dari USU Jurusan Agro Eko Teknologi berhasil membudidayakan tanaman holtikultura di kampungnya.

Sejak tamat dari USU tahun 2016, Sondang menggeluti menjadi petani holtikultura di kampung halamannya. Dengan tanah seluas 5 Ha yang dikelolanya, Sondang membudidayakan tanaman holtikultura yang meliputi tanaman cabai merah, cabai rawit, tomat, jeruk, kopi sigarar utang, terong belanda, bawang merah, kentang dan jagung.

Di tahun 2017, Sondang sudah berhasil menangkar 10 ton bawang merah dan sudah mendapatkan sertifikat label benih dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Utara. Kini dirinya sudah mendirikan Usaha Tani Samaria.

Sondang merupakan anak dari pasangan Sabar Sitanggang dan Mariana Br Manullang dan merupakan anak yang gigih dan pantang menyerah.

Pantauan SIB di lapangan, Sabtu (31/8), di kawasan ladangnya, Sondang Sitanggang membudiyakan cabai merah sebanyak 22 ribu batang di areal lahan seluas 1 Ha, cabai rawit 10 ribu batang di areal lahan seluas 0,5 Ha, terong belanda 1200 batang, jeruk madu 400 batang di areal lahan seluas 1 Ha, kopi sigarar utang 800 batang di areal lahan seluas 1 Ha.

Dari tanaman cabai merah berkisar 3000 batang, Sondang sudah bisa memanen setiap minggunya lebih kurang 500 kg. Belum lagi dari panen kopi dan jeruk. Semua tanaman holtikultura yang ditanamnya bertumbuh dengan subur dan terbebas dari serangan hama.

Menurut pengakuan Sondang kepada SIB, untuk tanaman cabai merahnya, puncak panennya di pertengahan bulan September. Panen puncaknya diperkirakannya bisa mencapai 2,5 ton per minggu. Dirinya cinta menjadi petani karena petani merupakan pekerjaan yang mulia. Selain itu juga, dirinya ingin memotivasi masyarakat Taput supaya bisa serius untuk bertani.

"Kalau ingin sukses, jangan malu menjadi petani. Tanah di Tapanuli Utara merupakan tanah yang subur, jadi kita harus manfaatkan kesuburan tanah itu untuk membudidayakan tanaman pertanian. Saya juga berharap Pemkab Taput juga bisa memberikan perhatian kepada saya. Sebab cita-cita saya bukan hanya untuk memikirkan ke pribadi saya saja, tetapi saya ingin memberikan motivasi kepada masyarakat Taput. Saya bersedia bila difasilitasi Pemkab Taput ingin turun ke daerah desa-desa untuk memberikan motivasi bagaimana cara menjadi petani yang sukses," ungkapnya.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan yang diminta tanggapannya oleh SIB via WA mengenai Sondang Sitanggang mengatakan, sangat mengapresiasi dan menitip salam kepada Sondang..

"Orang seperti dia sangat kita perlukan. Dan ingatkan saya supaya minggu depan saya bisa berkunjung ke lokasi pertanian milik Sondang," ungkapnya. (G02/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments