Selasa, 10 Des 2019

Aktivitas Gunung Sinabung Menurun, Status Masih Awas

* Warga Tetap Dilarang Beraktivitas di Zona Merah
Admin Rabu, 28 November 2018 20:53 WIB
SIB/Dok
Tanah Karo (SIB) -Aktivitas kegempaan maupun data seismik Gunung Sinabung di Kabupaten Karo mulai menunjukkan penurunan, namun masih  status awas atau level  IV.

"Aktivitas Gunung Sinabung mulai menurun.  Dan hingga saat ini, Gunung Sinabung masih tetap awas atau level IV. Menentukan status naik atau turun itu data harus konsisten,"ujar petugas Pos Pengamatan Gunung Sinabung di Simpang Empat, Armen Putra ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (27/11)
Menurutnya, walaupun aktivitas Gunung Sinabung mulai tenang dan terlihat aman  bila dibandingkan dengan kondisi sebelumnya, pihaknya tetap melarang warga beraktivitas di batas zona merah.

Pasalnya, gempa kecil selalu terjadi, apa lagi di aliran sungai Lau Boros  tetap diimbau kepada warga agar jangan mendekati sungai Lau Borus , seperti musim hujan begini , karena tanggul yang berada di Desa Suka Nalu  bisa jebol kapan saja.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan Dansatgas dan  BPBD Kabupaten Karo ini. Jadi sekali  lagi saya imbau kepada warga tetap janganlah melakukan aktifitas di zona merah walupun Gunung Sinabung terlihat aman dan tidak mengeluarkan abu vulkanik,"ucapnya.

Terpisah salah satu warga Desa Jeraya, Y br Karo (58)  disela-sela mengutip hasil panennya tanaman hortikultura di perladangannya, Selasa (27/11) mengatakan sudah hampir 5 bulan ini tak pernah lagi erupsi Gunung Sinabung. "Gunung Sinabung sudah mulai aman, mulailah dulu saya tanam cabe dan sekarang sudah panen. Berarti kurang lebih sudah 5 bulan tak erupsi Gunung Sinabung, makanya saya berani memasuki ke ladang saya ini . Padahal  perladangan saya ini sangat dekat dengan Gunung Sinabung,"ungkapnya.

Karena itu, katanya, dirinya mewakili masyarakat yang berada di seputaran kaki Gunung Sinabung ini memohon kejelasan dari pihak Pemkab Karo . "Apakah sudah boleh status Gunung Sinabung ini diturunkan, kalau melihat situasi  sekarang ini,"ucap Br Sinuraya .

Amatan wartawan di lapangan terlihat banyak  para warga sudah beraktifitas di zona merah terutama di daerah perladangannya baik  untuk menyemprot, mencangkol. Bahkan terlihat warga sedang memanen kol di Jalan Desa Berastepu, Kecamatan  Simpang Empat . (BR2/c)
Editor: Admin

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments