Selasa, 25 Feb 2020
Banner Menu
Detail Utama 1

Ahok Kunjungi Humbahas Bawa Investor Pertanian dan Peternakan

* Akan Kembangkan Sektor Pertanian dengan Sistem Mekanisasi Modern
admin Jumat, 06 September 2019 13:33 WIB
SIB/Frans Simanjuntak
AHOK DI HUMBAHAS : Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor didampinig Sekdakab Tonny Sihombing dan sejumlah pimpinan OPD foto bersama mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, investor Irvan Kolonas dan petani lainnya sebelum melakukan penanaman jagung bantuan pemerintah di Desa Bonandolok, Kecamatan Lintongnihuta, Kamis (5/9)
Humbahas (SIB) -Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (BTP) atau akrab disapa Ahok, berkunjung ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Kamis (5/9). Ahok tiba di Bandara Internasional Sisingamangaraja XII Silangit disambut Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor dan Sekdakab Tonny Sihombing dan beberapa pimpinan OPD.

Kedatangan Ahok ke Humbahas untuk meninjau potensi pertanian dan peternakan dengan membawa beberapa investor, khususnya untuk pengembangan pertanaman jagung dengan sistem mekanisasi dan pengembangan peternakan sapi dan kerbau.

Setiba di bandara, Ahok dan rombongan langsung menuju lokasi lahan pertanian milik masyarakat Desa Lumban Sianturi Kecamatan Paranginan. Di sana Ahok disambut warga dengan penuh sukacita dan berebutan untuk bersalaman serta berswafoto dengan mantan Bupati Bangka Belitung Timur itu. Sesekali Ahok terlihat berdialog dengan para petani.

Usai dari sana, rombongan kembali melanjutkan kunjungannya ke Desa Bonan Dolok, Kecamatan Lintongnihuta, untuk melakukan penanaman jagung bantuan pemerintah di lahan Kelompok Tani Sinar Tani. Ahok turut langsung menabur benih jagung didampingi Bupati Dosmar dan dan undangan lainnya.

Di lahan yang sudah siap tanam ini, Ahok juga bersedia melayani para petani untuk bersalaman dan berfoto bersama yang membuat para petani bersukacita dan bahagia bisa bertemu dengan tokoh idola mereka.

"Selama ini kita hanya bisa melihat dia di televisi. Ternyata orangnya ganteng, baik dan murah senyum. Ini anugrah buat desa kami. Kami tidak menyangka dia akan menginjakkan kaki di sini. Terimakasih buat beliau, khususnya kepada Bupati Dosmar yang sudah membawa beliau ke sini," ucap sejumlah petani di sana.

Tak berhenti di sana, Ahok dan seluruh rombongan kembali melanjutkan kunjungannya ke salah satu lahan milik petani di Desa Siponjot, Kecamatan Lintongnihuta. Di sana Ahok disambut dan diulosi tokoh adat setempat. Dan setelah itu dia berbagi pengalaman hidupnya selama menjalani masa tahanan di penjara.

Tak lupa dia menyampaikan terimakasih kepada seluruh warga Humbahas yang turut mendoakannya waktu menghadapi musibah beberapa waktu lalu. Meski harus mendekam di penjara, namun dia mengaku bersyukur bisa menjalani cobaan tersebut.
Ketika diwawancarai wartawan, Ahok menyampaikan kunjungannya ke Kabupaten Humbahas untuk melihat potensi pertanian dan peternakan di daerah itu. Dia juga mengaku membawa beberapa investor untuk mengembangkan sektor pertanian melalui mekanisasi.

"Saya merasa senang karena beberapa investor sudah masuk. Ada kentang, ada jagung. Nah ini bisa dikembangkan dengan baik dan berkombinasi, nanti di sini bisa tiga kali tanam. Kita harap, kesejahteraan petani meningkat. Di sini juga, kalau mekanisasi jagung kalau bisa jalan di sini, saya yakin peternakan akan tumbuh. Peternakan sapi dan kerbau, pengolahan susu, iklim semua oke," kata Ahok.

Ketika disinggung apakah dia nanti berencana mendirikan pabrik pengolahan jagung di daerah itu, Ahok mengaku, sejauh ini ia masih untuk fokus untuk hasil produksi saja. "Kita dasarnya semua hasil produksi panennya dulu. Kalau ada itu, baru bisa bertahap.

Lihat potensinya lah nanti. Ya tolak acuannya itu, suplay bahan makanannya itu, sama kedataran tanah. Di sini kan rata-rata di kemiringan tanahnya 24 derajat. Mekanisasi bisa masuk. Jadi kita lihat dulu dasarnya dan masih bekerja sama dengan para kelompok tani juga. Karena konsepnya bukan mengusai lahan. Jadi sambil melatih agar mengerti memakai mekanisasi," ucapnya.

Pada kesempatan itu juga, Ahok berpesan kepada masyarakat agar bekerja keras dan jujur. "Pesan saya, orang mau sukses, pasti kerja keras dan jujur. Cuma itu aja. Kalau bekerja keras, pasti oke," ujarnya sambil mengaku kalau motivasinya datang ke Humbahas adalah sebagai bentuk pertemanan kepada bupati. "Kan teman. Pasti dukung pak bupati, supaya dia tidak mundur," pungkasnya.

Sementara itu Chief Executive Officer PT Vasham Kosa Sejahtera (anak perusahaan Japfa Celebes Agro Semesta), Irvan Kolonas, salah seorang investor yang bergerak dalam bidang peternakan dan memproduksi ternak ayam, saat diwawancarai SIB di sela-sela kunjungan Ahok ke Humbahas mengaku, kunjungannya ke daerah itu ide Ahok untuk pengembangan pertanaman jagung.

"Jadi sebenarnya dari pak Ahok. Dia ada visi mau mengembang sektor jagung pertanian. Jadi Ahok merasa, kok di negara lain bisa mekanisasi, kenapa di Indonesia tidak bisa. Jadi pak Ahok itu benar-benar orang yang mau kerja, jadi diajaklah kita beberapa pengusaha, orang Amerika untuk mengajari mekanisasi pertanian bisa diterapkan di Indonesia," kata Irvan.

Lebih lanjut dijelaskan, sistem pertanian di Amerika itu menggunakan sistem mekanisasi yang lebih modern dan super canggih. Dan hal itulah yang akan mereka terapkan di Humbahas.

"Kalau di Amerika itu mesinnya benar-benar canggih. Di mana satu mesin bisa digerakkan dua orang, bisa olah 1000 hektar. Urusnya juga bisa cepat-cepat. Karena namanya pakai mesin, dalamnya dan jaraknya bisa pas. Jadi itulah sebenarnya visinya pak Ahok," ucapnya.

Dia menambahkan, untuk kerjasama itu, Bupati Dosmar sudah menyediakan lahan seluas lebih kurang 10 ribu hektar untuk ditanami jagung.

"Sebenarnya pak bupati sudah siap lahannya untuk 10 ribu pun sudah ada. Karena saya pun tadi lihat, masih banyak lahan-lahan tidur dan lahan gambut yang belum diolah. Jadi kita nanti akan survey dan tekniknya lagi bagaimana dengan pak Ahok. Karena bulan Oktober ini pak Ahok akan ke Amerika. Jadi kita nanti pasti ke mari lagi. Kita lihat lahan yang pas, mesin tipe apa, nanti juga akan kita bawa orang-orang Amerikanya, untuk mereka bisa menganalisanya," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor kepada SIB mengatakan, tujuan kedatangan Ahok dan beberapa investor ke daerah itu untuk membuka jaringan seluas-luasnya terhadap petani. Karena menurut dia, Ahok memiliki koneksi dengan sejumlah pengusaha-pengusaha besar di Indonesia maupun di luar negeri. Dan dia yakin, dengan kedatangan Ahok, sektor pertanian akan lebih maju lagi di daerah itu. (BR8/c)
T#gs Humbahas Investor Pertanian PeternakanAhok
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments