Minggu, 18 Agu 2019

84 Orang Pemuda Pemudi Agara Ikuti Penyuluhan Bahaya Narkoba

admin Senin, 22 Juli 2019 17:13 WIB
SIB/Seh Muhammad Amin
Penyuluhan : Sudirman SE Camat Lawe Alas Agara menyampaikan penyuluhan tentang bahaya narkoba kepada 84 Pemuda Agara, Sabtu (20/7).
Kutacane (SIB) -Camat Lawe Alas, Kabupaten Aceh Tenggara, Sudirman membuka pelaksanaan penyuluhan bahaya Narkoba yang diikuti 84 pemuda di Gedung Aula SMAN I,Lawe Alas Sabtu (20/7).

Kegiatan bertemakan, "Katakan Tidak Pada Narkoba", dengan peserta 3 orang perdesa, terdiri dari 28 desa, di Kecamatan Lawe Alas. Camat Sudirman pada sambutannya menyampaikan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian bersama membentengi masyarakat, khususnya generasi muda, agar tidak terjerumus pada lembah gelap narkoba.

"Pemerintah Daerah Aceh Tenggara selalu berupaya menangkal pengaruh narkoba, baik pemakai maupun pengedar narkoba.Melakukan tindakan preventif terhadap bahaya narkoba, mengurangi sebanyak mungkin korban narkoba" serunya. Sudirman berharap melalui penyuluhan ini dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda tentang bahaya narkoba.

"Semoga dengan kegiatan penyuluhan narkoba ini, generasi muda mengerti dan paham tentang bahaya pemakaian narkoba, sehingga mereka tidak akan menggunakannya," katanya. Dijelaskan secara umum narkoba terdiri dari 3 klasifikasi yaitu narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. Selain itu, narkoba juga dapat dibedakan berdasarkan efek yang dihasilkannya.

Jenis narkoba berdasarkan efeknya adalah seperti halusinogen, stimulan,depresan, dan adiktif. Pada dasarnya, ada banyak sekali jenis narkoba, di antaranya ada digunakan dalam dunia medis untuk pengobatan, namun tentunya penggunaannya diawasi dengan sangat ketat. Sedangkan penggunaan yang berbahaya adalah ketika narkoba digunakan sembarangan atau bisa dikatakan disalahgunakan, ujarnya Sudirman menambahkan.

Sementara,Ketua Lembaga Bantuan Hukum Bela Rakyat Nusantara (LBH Bernas), Nopember Zebua melalui Sekretarisnya Suharto melaporkan, bahwa kegiatan ini digelar atas hasil kesepakatan (musyawarah desa ) ditangani pihak ketiga, yakni LBH Bernas. Kegiatan tersebut berlangsung satu hari penuh dan dilanjutkan pembinaan bagi pencandu narkoba didanai Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2019.

Sebagai nara sumber di antaranya, Arief Kurnia dari kantor Pengadilan Negeri Kutacane, dari Inspektorat, Sukur Karo Karo. Juga nara sumber lainnya, pihak BPMK Agara ,Tenaga Ahli Kabupaten Agara, Fakhrur Razi, Kapolsek Lawe Alas, Ipda Budi Trapsilo, SH dan Ketua BNK Agara, M Riduan S STP. (K09/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments