Minggu, 20 Okt 2019

6 Fraksi di DPRD Tebingtinggi Ditetapkan

* 4 Fraksi Murni dan 2 Gabungan
admin Rabu, 09 Oktober 2019 17:16 WIB
Tebingtinggi (SIB) -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tebingtinggi akhirnya menetapkan 6 Fraksi dari Partai Politik (Parpol) yang berhasil memperoleh kursi legislatif saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang lalu. Sidang penetapan fraksi tersebut tanpa dibacakan komposisinya dipimpin oleh pimpinan sementara Muhammad Azwar, Selasa (8/10) siang di ruang rapat paripurna.

Adapun 6 fraksi ditetapkan tanpa diisi komposisinya yakni 4 fraksi murni dan 2 gabungan. Dari 4 fraksi murni tersebut yakni, Fraksi Golkar dengan jumlah 4 kursi, Fraksi Nasdem yang terdiri dari Partai Nasdem dengan jumlah 4 kursi bersama partai Perindo dengan jumlah 1 kursi, Fraksi PDI Perjuangan dengan jumlah kursi 4 dan Fraksi Gerindra dengan jumlah 3 kursi.

Sedangkan 2 fraksi gabungan yakni fraksi Nurani Kebangsaan terdiri dari Partai Hanura 2 Kursi dan 1 kursi dari PKB, dan Fraksi Demokrat Amanat Keadilan terdiri dari Partai Demokrat dengan 2 kursi, PAN 2 kursi dan PKS dengan 2 kursi.

Pantauan SIB, rapat penetapan fraksi yang dibuka sekitar pukul 10.30 WIB terpaksa ditunda karena dihujani interupsi dari beberapa anggota dewan yakni Kaharuddin Nasution, Ibrahim Nasution, Jonner Sitinjak dan Imam Ansyori Nasution.

Interupsi bermunculan ketika Pimpinan sementara DPRD mengetuk palu penetapan nama dan komposisi fraksi. Dimana Kaharuddin Nasution meminta penjelasan tentang terkait Fraksi Demokrat yang dinyatakan Ketua fraksi tapi belum diambil sumpah janji.

"Saya hanya mempertanyakan dewan yang belum dilantik dan diambil sumpah jadi ditetapkan sebagai Ketua Fraksi," ucapnya.
"Oleh karena itu, saya meminta penetapan fraksi dan komposisinya ditunda," ucap Kaharuddin yang kerap disapa Gaban.
Ibrahim Nasution setuju dengan hal yang disampaikan Gaban untuk menghindari adanya somasi.

Sementara itu, Jonner Sitinjak juga mengatakan dalam hal pelantikan sumpah janji tidak saja nama melainkan orang yang bersangkutan.

"Itu yang disumpah orangnya, jadi kiranya dilakukan penundaan komposisi fraksi," kata Jonner Sitinjak yang disetujui Imam Ansyori Nasution.

Setelah adanya interupsi, sidang ditunda dan dilanjutkan pukul 14.00 WIB dengan penetapan jumlah fraksi tanpa ada komposisi.
Usai sidang, Pimpinan sementara Azwar kepada SIB mengatakan telah penetapan 6 fraksi dan akan segera memasukkan komposisi fraksi. (T02/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments