Kamis, 17 Okt 2019

579 Ormas Terdaftar di Kesbangpol Asahan

admin Rabu, 03 Juli 2019 16:34 WIB
Kisaran (SIB) -Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Asahan mencatat 579 organisasi kemasyarakatan (ormas) yang telah memenuhi persyaratan organisasi maupun administrasi.

Kepala Kesbangpol Asahan melalui Kabid Pembinaan Politik dalam Negeri, Ridwan Ritonga kepada SIB, Selasa (2/7) menjelaskan, 579 ormas tersebut terdiri dari organisasi kemasyarakatan (orkesmas) dan LSM yang terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Asahan tahun 2017 sebanyak 10 ormas, 232 orkesmas dan LSM yang terdaftar sampai tahun 2016.

Selain itu, ada juga nama orkesmas berdasarkan kesamaan agama, kepercayaan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa 55 ormas, nama organisasi berdasarkan kesamaan fungsi 92 ormas, organisasi berdasarkan profesi 91 ormas, berdasarkan kegiatan 62 ormas serta organisasi berdasarkan kekerabatan 37 ormas.

Ia mengatakan, ormas yang sudah memiliki izin biasanya ormas yang memiliki jenjang dari pusat ke daerah. Ormas ini yang wajib memberikan laporan kepada Pemkab Asahan dalam hal ini Kesbangpol.

Pemkab Asahan, kata Ridwan, mendukung sepenuhnya keberadaan ormas tersebut selama tidak melakukan tindakan yang merusak kesatuan di Asahan. "Yang terpenting ormasnya tidak ada yang berbau radikal. Sampai saat ini selama pengawasan kami, belum ada yang menjurus ke arah itu," kata Ridwan. (A04/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments