Minggu, 09 Agu 2020

5 Kepala Daerah Diharapkan Kompak Memanfaatkan Keberhasilan Sail Nias

admin Kamis, 19 September 2019 18:32 WIB
Orudugo Halawa
Gunungsitoli (SIB) -Event Sail Nias telah usai digelar dan berhasil menyelenggarakan sejumlah pagelaran sebagai pengingat bagi wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Nias.

Tokoh masyarakat Nias, Orudugo Halawa menilai Sail Nias berjalan cukup baik dan dihadiri 5 menteri, yakni Menkum HAM, Menko Maritim, Menteri KKP, Menteri Desa dan Menteri Pariwisata, ditambah kedatangan peselancar dari 15 negara.

Kepulauan Nias pun, menurutnya, telah terpublikasi sehingga menjadi awal pemasaran wisata yang lebih serius. "Kini, Nias akan berlayar menggapai kemajuan, tinggal menunggu nakhoda dan keseriusannya," ujar mantan anggota DPRD Nias 4 periode itu, Selasa (17/9).

Nakhoda tersebut menurut Orodugo, adalah 5 kepala daerah dan pemangku kepentingan lainnya. Mereka, katanya, harus kompak melakukan lobi ke pusat. Selain itu, mereka juga harus menggagas pengembangan pariwisata Nias. "Boleh memiliki prinsip mendahulukan daerah masing-masing, namun pada gagasan tertentu harus kompak berjuang," katanya.

Keberhasilan pelaksanaan Sail Nias harus diteruskan dengan cara mengembangkan peluang-peluang yang timbul pada perhelatan tersebut, menggagas lebih tajam pariwisata dengan melakukan penetrasi ke kementerian, swasta dan pihak pihak lain.

"Untuk memadukan kerjasama 5 kepala daerah, kita harapkan juga campur tangan Gubernur Sumut. Jika ada kehadiran beliau kemungkinan mereka akan lebih "bertenaga", sehingga mempercepat pembangunan, perlahan menanggalkan status Nias sebagai kawasan tertinggal," ujarnya.

Ke depan juga diharapkan Pemda membenahi sejumlah obyek wisata pantai yang sangat potensial seperti Pantai Luahagundre, Sorake, Moale, Asu, Tello. Juga peninggalan budaya batu megalit di Gomo, sejumlah gua di Nias dan Gunungsitoli, pasir merah di Nisut dan banyak lagi.

Pemerintah daerah juga harus membenahi infrastruktur jalan untuk menghubungkan seluruh Nias, hotel berbintang, restoran dan lainnya, sebab itu kebutuhan vital wisatawan.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada putra terbaik Nias, Yasonna Hamonangan Laoly sebagai ketua panitia Sail Nias. "Semoga Sail Nias berefek pada dunia dan memajukan Kepulauan Nias," harapnya. (BR9/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments