Jumat, 18 Oktober 2024

Pjs Bupati Faisal Arif Nasution Sebut Labuhanbatu Banyak Menyimpan Kisah

Efran Simanjuntak - Kamis, 17 Oktober 2024 22:03 WIB
127 view
Pjs Bupati Faisal Arif Nasution Sebut Labuhanbatu Banyak Menyimpan Kisah
Foto: Dok/Diskominfo
FORKOPIMDA: Pjs Bupati Labuhanbatu foto bersama Ketua Sementara DPRD HM Arsyad Rangkuti, Wakil Ketua Sementara H Andi Suhaimi dan Forkopimda, seusai rapat paripurna istimewa DPRD Labuhanbatu tentang hari jadi Pemkab Labuhanbatu, Kamis (17/10/2024).
Rantauprapat (harianSIB.com)
Pejabat sementara (Pjs) Bupati Labuhanbatu, Faisal Arif Nasution mengapresiasi perjalanan pemerintahan di Kabupaten Labuhanbatu saat ini telah berusia 79 tahun. Dalam usia itu, Kabupaten Labuhanbatu menyimpan banyak kisah dan peristiwa.

"Kita menyadari usia 79 tahun, Kabupaten Labuhanbatu menyimpan banyak kisah dan peristiwa yang penuh dengan perjuangan, tantangan dan hambatan yang tentunya membuat kita untuk semakin dewasa," sebut Faisal Arif dalam rapat paripurna istimewa DPRD tentang Penetapan Hari Jadi Pemkab Labuhanbatu, di Gedung DPRD Labuhanbatu, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat, Kamis (17/10/2024).

Faisal berharap dari banyaknya kisah peristiwa dan perjuangan selama pemerintahan di Kabupaten Labuhanbatu, menjadi sarana evaluasi dan introspeksi terhadap langkah-langkah yang ditempuh selama ini untuk dapat lebih baik, sesuai tema hari hari jadi tahun ini "Labuhanbatu mandiri, maju, sejahtera dan berkelanjutan".

Baca Juga:

"Melalui hari jadi ini, mari kita junjung semangat dari nilai-nilai sejarah dan kearifan lokal sebagai jati diri masyarakat Kabupaten Labuhanbatu," ajaknya.

Pjs Bupati menambahkan, dalam upaya mewujudkan visi masyarakat Labuhanbatu yang berkarakter, maju dan sejahtera tahun 2024, berdasarkan Perda Kabupaten Labuhanbatu nomor 3 tahun 2022 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026, telah ditetapkan program strategis daerah melalui misi, di antaranya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan profesional.
Kemudian, meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan dengan membangun karakter manusia yang produktif dan inovatif, meningkatkan perekonomian masyarakat berbasis potensi daerah melalui peningkatan produksi UMKM dan meningkatkan infrastruktur yang berkesinambungan guna percepatan pengembangan wilayah dan kawasan pesisir.

Baca Juga:

"Untuk mewujudkan misi dari pembangunan tersebut, kami mengajak instansi pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat bekerjasama dengan Pemkab Labuhanbatu untuk mengisi pembangunan dalam segala bidang, sebagai wujud meneruskan cita-cita pembangunan sesuai tugas pokok dan fungsi kita masing-masing," ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan semua pihak dalam pelaksanaan Pilkada serentak pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumut dan Bupati-Wakil Bupati untuk berpartisipasi aktif menyukseskan pelaksanaan Pilkada pada Rabu 27 November 2024.

"Mari kita ciptakan rasa aman, penuh kekeluargaan di tengah kemajemukan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu yang kita cintai bersama," ajaknya.

"Semoga melalui peringatan hari jadi ke-79 Pemkab Labuhanbatu, kita capai Kabupaten Labuhanbatu yang mandiri, maju, sejahtera dan berkelanjutan," harap Pjs Bupati.

Rapat paripurna istimewa itu dihadiri Forkopimda, antara lain Kapolres Labuhanbatu AKBP Bernhard Malau, Dandim 0209/LB Letkol Inf Yudy Ardiyan Saputro, Kajari Dr Marlambson Carel Williams, Ketua PN Rantauprapat Tommy Manik SH.

Rapat paripurna istimewa tersebut dipimpin Ketua Sementara DPRD Labuhanbatu HM Arsyad Rangkuti didampingi Wakil Ketua Sementara H Andi Suhaimi, diikuti seluruh anggota DPRD, Sekda Hasan Heri Rambe, para asisten, Staf Ahli Bupati, kepala badan, kepala dinas, Kabag, pengurus organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakatan, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

HM Arsyad saat itu membacakan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Labuhanbatu. Ia mengatakan penetapan hari jadi pemerintahan di Kabupaten Labuhanbatu tanggal 17 Oktober didasarkan pada terbentuknya Komite Nasional Daerah (KDN) pada 17 Oktober 1945 di Rantauprapat, dan pada saat itu Ketua KDN Abdul Rahman ditetapkan menjadi kepala pemerintahan.


Ia berharap momen ini menjadi momentum pemicu semangat dan motivasi Pemkab untuk bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas membangun persatuan yang kuat dalam jalinan tali persaudaraan dan solidaritas yang tinggi, sehingga tercipta suasana aman dan tenteram mewujudkan keberhasilan pembangunan yang merata.

Seusai rapat paripurna, Pjs Bupati mengajak semua Forkopimda, pimpinan DPRD dan para anggota dewan beserta seluruh hadirin ke acara resepsi hari jadi Pemkab Labuhanbatu yang digelar di Gedung Serba Guna Rumah Dinas Bupati, Jalan WR Supratman Rantauprapat. (**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru