Jumat, 18 Oktober 2024

Kapolres Sergai Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Zebra 2024

Rimpun H Sihombing - Senin, 14 Oktober 2024 18:54 WIB
224 view
Kapolres Sergai Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Zebra 2024
(Foto Dok/Humas Polres)
PERIKSA PASUKAN : Kapolres Sergai, AKBP Jhon Sitepu didampingi Komandan Apel Ipda Hari Hashari memeriksa barisan pasukan saat memimpin apel gelar pasukan Ops Zebra Toba 2024, Senin (14/10/2024).
Sergai (harianSIB.com)
Kapolres Serdangbedagai (Sergai), AKBP Jhon Sitepu bertindak selaku inspektur upacara apel gelar pasukan dalam rangka Operasi (Ops) Zebra tahun 2024 yang digelar di Lapangan Apel Polres Sergai di Seirampah, Senin (14/10/2024).

Mengangkat tema "Melalui Operasi Kepolisian Kewilayahan Zebra Toba 2024, Polda Sumut Siap Mendukung Suksesnya Pelantikan Presiden/Wakil Presiden Terpilih, Serta Mengajak Masyarakat untuk Tertib Berlalulintas Demi Terwujudnya Kamseltibcarlantas yang Aman dan Nyaman di Wilayah Provinsi Sumatera Utara", apel gelar pasukan turut dihadiri Pjs Bupati Sergai H Parlindungan Pane, Kajari diwakili Kasi Pidum Berkat Manuel Harefa SH, Ketua Pengadilan Negeri Seirampah M Sacral Ritonga SH MH, para Kepala OPD Pemkab Sergai, dan para PJU Polres Sergai.

Membacakan amanat tertulis Kapolda Sumut Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto, Kapolres Sergai mengatakan apel gelar pasukan ini bukan hanya sebagai seremonial, tetapi sebagai ajang untuk memastikan kesiapsiagaan semua, mulai dari personel, sarana, prasarana, hingga sinergi antar instansi. Operasi ini bukan hanya sekadar rutinitas, melainkan langkah nyata untuk menurunkan pelanggaran dan kecelakaan lalulintas, serta mewujudkan jalan raya yang lebih tertib dan aman bagi masyarakat.


Baca Juga:
SEMATKAN PITA : Kapolres Sergai, AKBP Jhon Sitepu menyematkan pita Operasi Zebra Toba 2024 kepada perwakilan personel, Senin (14/10/2024). (Foto Dok/Humas Polres)

"Kita semua perlu menyadari bahwa masalah keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalulintas di Sumatera Utara masih menjadi perhatian serius yang harus kita hadapi bersama," katanya.

Baca Juga:

Berdasarkan data yang dihimpun Ditlantas Polda Sumut dan Polres jajaran, lanjut AKBP Jhon Sitepu, pada September 2024 tercatat sebanyak 7.843 pelanggaran lalulintas. Angka ini jelas menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan masyarakat terhadap aturan berlalu lintas masih jauh dari harapan.

Namun yang lebih mengkhawatirkan, data kecelakaan lalulintas yang terjadi sepanjang tahun 2024 dari Januari hingga September, telah terjadi 5.138 kasus kecelakaan yang tidak hanya menyebabkan kerugian materi, tetapi juga merenggut nyawa.

"Maka dari itu, upaya kita tidak boleh berhenti hanya pada penegakan hukum. Kita perlu melakukan langkah-langkah preventif yang lebih kuat, memberikan edukasi yang lebih luas, dan memastikan kesadaran akan keselamatan berlalu lintas tertanam di masyarakat," tegasnya.

Melalui Operasi Zebra Toba 2024 ini, katanya diharapkan dapat membawa perubahan yang signifikan, menekan angka pelanggaran, dan yang paling penting, menyelamatkan lebih banyak nyawa di jalan raya Sumatera Utara.

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru