Jumat, 18 Oktober 2024

Curah Hujan Tinggi Sungai Renun Meluap, Puluhan Rumah Terendam Banjir

Theopilus Sinulaki - Sabtu, 12 Oktober 2024 16:38 WIB
583 view
Curah Hujan Tinggi Sungai Renun Meluap, Puluhan Rumah Terendam Banjir
Foto SNN/Theopilus Sinulaki
RUSAK: Jembatan Gantung (Rambing) di Desa Renun Kecamatan Tanah Pinem Kabupaten Dairi rusak diterjang luapan sungai Renun, Jumat (11/10/2024).
Dairi (harianSIB.com)

Curah hujan cukup tinggi dalam sepekan ini, mengakibatkan Sungai Renun meluap. Akibatnya puluhan rumah dan pemukiman di Desa Renun Kecamatan Tanah Pinem Dairi terendam banjir, Sabtu (12/10/3024)

Kepala Desa Renun, Losta Sembiring yang dikonfirmasi Jurnalis SIB News Network (SNN) menyebut, luapan Sungai Renun mengejutkan warga. Pasalnya air begitu cepat naik ke pemukiman warga, sehingga menggenangi puluhan rumah di Dusun Inpres.

"Banjir tersebut juga merusak jembatan gantung yang di bangun dari Dana Desa (DD) tahun 2018 yang menelan dana kurang lebih Rp 250 juta, termasuk puluhan hektar lahan pertanian jagung dan coklat rusak akibat terjangan banjir," ungkap Losta.

Baca Juga:

Ia juga menyebut, saat ini akses ke kawasan pertanian terputus. Karena selama ini, jembatan gantung tersebut adalah sarana utama untuk akses jalan ke sentra pertanian. Termasuk jalan alternatif untuk kenderaan roda dua bagi warga Lau Njuhar I dan sekitarnya via jembatan gantung untuk mempersingkat jarak tempuh.

Lebih lanjut disebutkan, akses jalan ke Desa Renun tepatnya di simpang tiga depan Gapura Selamat Datang nyaris terputus. Kejadian itu, berawal saat hujan turun Jumat (11/10/2024) malam, air besar mengalir dari arah perladangan membelah ruas jalan ke Desa Renun. Akibatnya jalan amblas sedalam 5 meter, dan badan jalan hanya bisa dilalui kenderaan roda dua.

Baca Juga:

Akibat kejadian itu, warga terpaksa melakukan pembukaan jalan secara manual dan menimbun lubang dengan kedalaman 5 meter secara swadaya.

Sementara upaya yang telah dilakukan Pemerintah Desa Renun melakukan koordinasi dengan Forkopimca Tanah Pinem dan BPBD Dairi untuk membuat dapur umum bagi masyarakat terdampak banjir.

Informasi lain yang dihimpun harianSIB.com dari Forkopimca Tanah Pinem menyebut, beberapa ruas jalan lintas desa seperti akses jalan ke Launjuhar, Liang Jering dan Alur Subur terdapat beberapa titik longsor dan badan jalan amblas.

Harapan warga Kecataman Tanah Pinem agar Pemerintah Kabupaten Dairi segera melakukan penanganan akses jalan yang terkena longsor serta memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir.(*)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru