Jumat, 18 Oktober 2024

Anggota DPRD Sumut Desak BPJN Wilayah 2 Medan Segera Perbaiki Jalan Putus Jurusan Sidikalang - Dolok Sanggul

Tulus P Tarihoran - Jumat, 11 Oktober 2024 17:47 WIB
741 view
Anggota DPRD Sumut Desak BPJN Wilayah 2 Medan Segera Perbaiki Jalan Putus Jurusan Sidikalang - Dolok Sanggul
Foto/SNN/ Tulus Tarihoran
Anggota DPRD Sumut, Alfriansyah Ujung.
Sidikalang (harianSIB.com)

Anggota DPRD Sumut, Alfriansyah Ujung Desak BPJN Wilayah 2 Medan segera melakukan penanganan jalan nasional jurusan Sidikalang- Dolok Sanggul yang kondisinya putus total.

"Jalan itu harus segera ditangani, karena akses itu sangat vital menghubungkan beberapa kabupaten serta akses menuju SMAN 1 Parbuluan," kata Alfriansyah Ujung, Jumat (11/10/2034) di Sidikalang.

Baca Juga:

Penanganan yang dilakukan minimal penanganan sementara sehingga bisa dilalui kendaraan. Karena jalur alternatif juga kurang baik, sehingga sulit dilalui kendaraan roda 4 atau lebih.

Ia mengaku sudah turun ke lokasi, melihat kondisi jalan itu sudah sangat memprihatinkan. Daerah jalan putus itu, menjadi tumpuan air. Perlu dilakukan pengkajian ulang, karena kondisi tanah berpasir.

Baca Juga:

Selain badan jalan putus total, di sejumlah titik badan jalan juga sudah amblas.

"Kita berharap jalan itu segera ditangani. Minimal pemasangan jembatan bailey, sehingga kendaraan bisa melintasi jalan nasional tersebut," ungkapnya.

Dikatakannya, jika tambang galian C yang ada di daerah itu, yang membuat berdampak kepada kerusakan badan jalan perlu diambil langkah tegas. Jika galian C itu tidak mengantongi izin, harus ditindak.

Dia mohon kepada Dinas Pertambangan Provinsi Sumut maupun Dinas Lingkungan Hidup Dairi untuk mengecek langsung lokasi galian C. Jika aktivitas galian C yang berdampak kerusakan jalan, harusnya aktivitas galian C distop.

"Jika galian C memegang izin, apakah sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), jika tidak ada izin, harus dihentikan. Karena hal itu bisa merusak lingkungan," pungkasnya.(**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru