Jumat, 20 September 2024

Salmon Sumihar Sagala: Petani Karo Beralih Tanam Alpukat Secara Massal

Firdaus Peranginangin - Jumat, 20 September 2024 15:58 WIB
104 view
Salmon Sumihar Sagala: Petani Karo Beralih Tanam Alpukat Secara Massal
Foto: Dok/Firdaus
BIBIT: Inilah bibit alpukat unggul yang siap ditanam dan saat ini laris-manis dijual di pasaran dengan harga Rp50 ribu - Rp100 ribu/batang.
Medan (harianSIB.com)
Anggota DPRD Sumut Salmon Sumihar Sagala mengatakan, petani Karo saat ini sedang melakukan penanaman buah alpukat unggul secara massal, karena dianggap tanaman tua itu sangat menjanjikan serta memiliki prospek yang cerah bagi masa depan petani.


"Peralihan petani Karo ke budidaya alpukat secara massal ini tentu sudah memiliki pertimbangan matang dari berbagai aspek. Apalagi saat ini permintaan pasar meningkat drastis dengan harga yang cukup menggiurkan," ujar Salmon Sumihar Sagala kepada wartawan, Jumat (20/9/2024), di DPRD Sumut.


Apalagi diketahui, tambah Salmon, tanaman alpukat unggul ini dalam 2 - 3 tahun sudah berbuah dan disebut-sebut memiliki pasar ekspor yang luas. Jika kualitas alpukat dari Karo baik, ada peluang besar untuk menembus pasar internasional, seperti di Asia Timur, Eropa dan Amerika Utara yang memiliki permintaan tinggi.

Baca Juga:

"Tanaman alpukat ini relatif tahan terhadap beberapa perubahan iklim dan memiliki kemampuan adaptasi yang baik di berbagai kondisi tanah dan cuaca, termasuk di dataran tinggi seperti Karo. Perawatan juga tidak terlalu repot, tidak seperti tanaman jeruk yang membutuhkan biaya besar," tandas Salmon.


Selain itu, ujar mantan anggota DPRD Karo ini, harga buah alpukat juga sampai saat ini masih tinggi dan tetap stabil, sehingga petani merasa tergiur serta menganggap memberikan prospek keuntungan yang lebih pasti dibandingkan tanaman hortikultura lain yang mungkin lebih fluktuatif.

Baca Juga:
Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
komentar
beritaTerbaru