Jumat, 20 September 2024

Kapolres Tapteng Pimpin Simulasi Pengamanan Pilkada 2024

Caong Tobing - Rabu, 18 September 2024 22:21 WIB
174 view
Kapolres Tapteng Pimpin Simulasi Pengamanan Pilkada 2024
(Foto: Dok/Humas Polres Tapteng)
APEL: Kapolres Tapteng, AKBP Basa Emden Banjarnahor memimpin apel Sispam Pilkada 2024.
Tapteng (harianSIB.com)

Kapolres Tapanuli Tengah (Tapteng), AKBP Basa Emden Banjarnahor, memimpin apel simulasi sistem pengamanan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Tapanuli Tengah tahun 2024, Rabu (18/9/2024).

Dalam arahannya, Basa menegaskan pentingnya keseriusan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama proses Pilkada berlangsung.

"Kita harus memastikan tidak ada celah bagi pihak-pihak yang berupaya memecah persatuan dan kesatuan bangsa. Polri bersama TNI, Satpol PP, dan seluruh instansi terkait harus memastikan Pilkada berjalan dengan aman, damai, dan tertib sesuai ketentuan yang berlaku," ujarnya.

Baca Juga:

Basa juga menjelaskan, simulasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai mekanisme pengamanan serta jenis tindakan yang diperlukan di lapangan.

"Potensi gangguan keamanan, seperti demonstrasi yang berpotensi berujung anarkis, harus diantisipasi dengan baik," tambahnya.

Baca Juga:

Simulasi tersebut melibatkan tiga skenario pengamanan, yaitu pengamanan di TPS, pengawalan kotak suara dari TPS ke PPK, serta penanganan aksi unjuk rasa di Kantor PPK dan KPU.

Menurutnya, simulasi ini penting untuk memastikan kesiapan seluruh personel dalam menghadapi potensi gangguan keamanan selama Pilkada.

Ia juga mengingatkan seluruh peserta agar mengikuti simulasi ini dengan sungguh-sungguh, sehingga semua personel memiliki kesamaan persepsi dan strategi dalam menghadapi setiap situasi di lapangan.

"Kesiapan yang matang akan menjadi kunci terciptanya Pilkada damai di Tapanuli Tengah," tegasnya.

Diharapkan, dengan adanya simulasi ini, seluruh tahapan Pilkada di Kabupaten Tapanuli Tengah dapat berlangsung sesuai peraturan dan menjaga stabilitas keamanan di daerah.

Acara ini diakhiri dengan simulasi pengamanan kota, di mana berbagai situasi darurat yang mungkin terjadi selama proses pemilihan diperagakan oleh personel Polres Tapteng, bekerja sama dengan TNI, Dishub, dan Satpol PP.

Personel Polres Tapteng dan seluruh elemen terkait berkomitmen penuh untuk mengawal Pilkada 2024 agar berlangsung aman, damai, dan tertib. (*)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
komentar
beritaTerbaru