Rabu, 18 September 2024

Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Pindahkan Warga Binaan ke Lapas Narkotika Langkat

Andomaraja Paga Sitio - Kamis, 12 September 2024 22:03 WIB
151 view
Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Pindahkan Warga Binaan ke Lapas Narkotika Langkat
Foto: Dok/Lapas
Petugas Lapas saat memindahkan warga binaan memasuki mobil tahanan dari Lapas Kelas IIA Pematangsiantar, Kamis (12/9/2024).
Pematangsiantar (harianSIB.com)
Over kapasitas, Lapas Kelas IIA Pematangsiantar melakukan pemindahan warga binaan ke Lapas Narkotika Langkat dan Lapas Pemuda Langkat, Kamis (12/9/2024).

Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar, Sukarno Ali mengatakan, jumlah warga binaan berdasarkan kasus yang dipindahkan adalah narkotika 139 orang, pencurian 65 orang, pembunuhan 13 orang, penggelapan 5 orang.

Sementara perlindungan anak 20 orang, penganiayaan 4 orang, pemerasan 1 orang, penadah 2 orang dan kekerasan seksual 1 orang. "Total warga binaan ada 250 orang yang dipindahkan," katanya.

Baca Juga:

Namun kata dia, sebelum dipindahkan menuju Lapas Narkotika Langkat dan Lapas Pemuda Langkat, warga binaan terlebih dahulu menjalani tes kesehatan, penggeledahan fisik dan pemeriksaan barang-barang.

Selain itu dilakukan juga pemeriksaan jumlah warga binaan, kelengkapan berkas, serta pemborgolan sebelum warga binaan masuk ke kendaraan yang dijaga ketat oleh petugas Lapas Kelas IIA Pematangsiantar yang bersinergi dengan Brimob Kompi 2 Batalyon B untuk memaksimalkan keamanan pada saat pengiriman.

Baca Juga:

Diterangkan, pemindahan ini juga merupakan bentuk penerapan deteksi dini yang merupakan salah satu dari 3 aspek kunci pemasyarakatan yang dicanangkan oleh Ditjen PAS. Ke depannya akan dilakukan berkesinambungan dikarenakan over kapasitas warga binaan sembari dilakukannya pembangunan blok hunian baru.

"Ini semua demi keamanan dan ketertiban, kami memutasi terlebih dahulu beberapa warga binaan. Kami berharap dengan hal ini warga binaan dapat melanjutkan program pembinaanya dengan aman dan nyaman," ungkap Ali. (**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru