Selasa, 17 September 2024

Balap Sepeda PON, Rekayasa Lalulintas akan Diterapkan Selama 2 Hari di Pematangsiantar

Andomaraja Paga Sitio - Minggu, 01 September 2024 17:43 WIB
4.957 view
Balap Sepeda PON, Rekayasa Lalulintas akan Diterapkan Selama 2 Hari di Pematangsiantar
(Foto: SNN/Polres Pematangsiantar)
Inilah titik rekayasa lalulintas selama pelaksanaan PON balap sepeda selama dua hari mulai tanggal 12-13 September 2024 di wilayah Kota Pematangsiantar.
Pematangsiantar (harianSIB.com)

Sat Lantas Polres Pematangsiantar akan melakukan rekayasa lalulintas selama dua hari, 12-13 September 2024 di sejumlah ruas jalan dalam rangka kesiapan mendukung pelaksanaan road bike (balap sepeda) PON XXI tahun 2024 Aceh-Sumut.

"Rekayasa lalulintas ini kita lakukan mengantisipasi kepadatan kendaraan saat berlangsungnya cabang olahraga balap sepada," ucap Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen melalui Kasat Lantas AKP Gabriellah A Gultom saat dikonfirmasi, Minggu (1/9/2024).

Dikatakan dia, untuk rekayasa lalulintas pada 12 September 2024 mulai pukul 08.00 WIB - 15.00 WIB, dilakukan karena cabang olahraga balap sepeda jarak pendek untuk putri dilaksanakan di Kota Pematangsiantar.

Baca Juga:

Ia menjelaskan, rekayasa yang akan dilakukan dari titik start balap sepeda putri dari Jalan Merdeka Tugu Becak, maka kendaraan yang melintas di Jalan Gereja akan dialihkan melalui Jalan MH Sitorus- Jalan Kartini-Stasiun Kereta Api 2-Jalan Bandung Atas-Jalan Merdeka.


Selanjutnya kendaraan yang melintas di Jalan Gereja akan dialihkan ke Jalan Diponegoro-Jalan Pane-Jalan Pattimura-Ramayana-Jalan Sangnawaluh. Kemudian kendaraan yang melintas di Jalan Adam Malik akan dialihkan ke Jalan Sudirman-Jalan WR Supratman-Jalan Bandung Atas-Jalan Merdeka.

Baca Juga:

Sementara untuk tanggal 12 - 13 September 2024 mulai pagi sekira pukul 08.00 - 15.30 WIB, akan berlangsung balap sepeda jarak jauh untuk putra.
Pematangsiantar merupakan perlintasan balap sepeda untuk putra, maka kendaraan yang datang dari Medan menuju Parapat akan dialihkan dari Jalan Medan Simpang Jalan AMD-Terminal Tanjung Pinggir-Jalan Tuan Rondahaim Saragih-Jalan Pdt Wismar Saragih- Jalan Sisingamangara.

Tidak hanya itu, kendaraan yang melintas di Jalan Medan Simpang Koperasi -Jalan Mesjid-Jalan Tuan Rondahaim -Jalan Pdt Wismar Saragih-Jalan Sisingamangaraja. Sementara kendaraan yang datang dari Jalan Medan Simpang Tanjung Pinggir-Jalan Darussalam-Jalan Rakutta Sembiring-Jalan Sisingamangaraja. Sebaliknya juga untuk kendaraan yang datang dari Parapat menuju Medan akan dialihkan ke Jalan Sisingamangaraja.

Selain itu, kendaraan yang melewati Jalan Ahmad Yani hendak menuju Parapat akan dialihkan dari Makam Pahlawan menuju Jalan S Parman kemudian melewati Jalan Sangnawaluh- Pantoan-Jalan Pattimura-Jalan Pane-Jalan Melanton Siregar-Jalan Bahkora II sampai Jalan Parapat. Selanjutnya kendaraan dari Jalan Sutomo menuju Parapat akan dialihkan ke Jalan Vihara-Jalan Pane-Jalan Melanthon Siregar-Jalan Bahkora II sampai Jalan Parapat.

Gabriellah menambahkan, personel Polres Pematangsiantar bersama instansi terkait pada saat pelaksanaan akan ditempatkan di titik-titik yang sudah ditentukan, sehingga pengguna kendaraan mudah mengikuti pengalihan arus untuk menghindari kemacetan.

Dia juga mengimbau kepada perusahaan angkutan barang dan bus penumpang, agar tidak memarkirkan kendaraan di bahu jalan serta tidak beroperasi pada saat berlangsungnya kegiatan balap sepeda tersebut.

"Masyarakat Pematangsiantar kita minta untuk mendukung pelaksanaan PON XXI tahun 2024 Aceh-Sumut dengan mengurangi aktivitas d lluar rumah. Namun apabila ingin melintas objek tujuan, agar memilih jalur alternatif," pungkasnya. (**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru