Jumat, 20 September 2024

Pertama di Sumut, Pemko Tebingtinggi Launching Genius

Humala Siagian - Senin, 26 Agustus 2024 18:19 WIB
313 view
Pertama di Sumut, Pemko Tebingtinggi Launching Genius
Foto: Dok/Kominfo
CINDERAMATA: Pj Wali Kota Tebingtinggi Dr Moettaqien Hasrimi memberikan cindramata kepada Direktur Pengendali Kerawanan Pangan Bapanas Dr. Sri Nuryanti, usai melaunching Genius, Senin (26/8/2024).
Tebingtinggi (harianSIB.com)
Pemerintah Kota Tebingtinggi meluncurkan Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa (Genius), Senin (26/8/2024), di GOR Asber Nasution, Jalan Gunung Lauser BP7, Tebingtinggi.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tebingtinggi, Moettaqien Hasrimi, yang menghadiri acara itu menyatakan apresiasinya atas kesuksesan acara tersebut.

"Kita bersyukur peluncuran Genius dapat dilaksanakan di Tebingtinggi atas kerja sama dengan Badan Pangan Nasional. Dan ini merupakan yang pertama di Sumatera Utara. Harapannya, program ini dapat terus berlanjut," kata Moettaqien, mewakili Pj Gubernur Sumatera Utara yang berhalangan hadir.

Baca Juga:

Pj. Wali Kota juga menanggapi usulan dari Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut, Yura A. Djalins, terkait pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pangan di Tebingtinggi. Moettaqien menyatakan rencana ini sangat diapresiasi dan akan diupayakan untuk direalisasikan.

"Itu merupakan inisiatif yang luar biasa. Bahkan di Sumatera Utara, belum ada yang seperti ini. Kami akan berkoordinasi dengan DPRD untuk merealisasikan BUMD Pangan ini, karena nantinya akan melibatkan peraturan daerah," jelasnya.

Baca Juga:

Direktur Pengendali Kerawanan Pangan dari Badan Pangan Nasional, Dr. Sri Nuryanti, menjelaskan, melalui program Genius, pemerintah memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai pentingnya mengonsumsi pangan berprotein tinggi.

"Orang tua juga harus terlibat agar mereka paham pangan apa yang baik untuk anak-anaknya. Dengan pemahaman yang baik, diharapkan anak-anak bisa mendapatkan asupan gizi yang tepat sehingga mendukung kecerdasan dan kemampuan belajar mereka," tutur Sri Nuryanti.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KPP) Tebingtinggi, Marimbun Marpaung, melaporkan program Genius ini adalah bagian dari upaya meningkatkan gizi dan menangani rawan pangan di kalangan siswa. Pangan bergizi yang diberikan berupa kudapan berbasis protein hewani, didukung dengan edukasi tentang pangan dan gizi.

Sebanyak 493 siswa dari tiga Sekolah Dasar Negeri (SDN) menerima manfaat dari program Genius, yakni SD Negeri 165726 dengan 161 siswa, SD Negeri 165727 dengan 119 siswa, dan SD Negeri 165735 dengan 213 siswa.

Acara peluncuran ini juga diramaikan dengan pemukulan gondang dan pengguntingan pita sebagai simbolisasi dimulainya program secara resmi, diikuti dengan penyerahan bantuan, kunjungan ke stand UMKM dan sesi foto bersama. (*)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
komentar
beritaTerbaru