Sabtu, 21 September 2024

Cegah Penularan DBD, Pemdes Afdeling VI Dolokilir Sergai Lakukan Fogging

Bonny Wenles Adimanta Sembiring - Selasa, 13 Agustus 2024 16:08 WIB
219 view
Cegah Penularan DBD, Pemdes Afdeling VI Dolokilir Sergai Lakukan Fogging
(Foto SNN/Bonny Sembiring)
FOGGING : Pemerintah Desa (Pemdes) Afdeling VI Dolokilir, Kecamatan Dolokmerawan, Kabupaten Sergai bersama warga saat melakukan kegiatan fogging di Dusun I, Selasa (13/8/2024).
Sergai (harianSIB.com)
Pemerintah Desa (Pemdes) Afdeling VI Dolokilir, Kecamatan Dolokmerawan, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) bersama warga melakukan fogging (pengasapan) untuk mencegah penyebaran dan penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Selasa (13/8/2024) siang.

Kepala Desa Afdeling VI Dolokilir Nurhaidah Purba didampingi Sekdes Zulpan kepada Jurnalis SIB News Network (SNN) di lokasi mengatakan, selain melakukan fogging, pihak Pemdes bersama masyarakat setempat juga melaksanakan gotong royong guna kebersihan lingkungan.

"Seperti membabat rumput liar, mengeruk saluran air parit yang tersumbat dan memungut sekaligus membakar sampah-sampah yang berserakan di lingkungan," ujarnya.

Baca Juga:

Nurhaidah menyebut, kegiatan gotong royong ini juga dilakukan dalam rangka menyambut HUT ke-79 RI yang sebentar lagi diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia.

"Jadi, semua yang kita lakukan ini semata-mata untuk kebaikan di tengah masyarakat. Sehingga ke depannya, kondisi lingkungan Desa Afdeling VI Dolokilir sewaktu perayaan HUT RI tahun ini tampak bersih, nyaman, asri dan tentunya terbebas dari DBD," ucapnya.

Baca Juga:

Ketika ditanya wartawan, apakah saat ini ada warga Desa Afdeling VI Dolokilir yang terjangkit penyakit DBD, Nurhaidah Purba mengaku sudah ada satu orang dan kondisinya sudah mulai berangsur membaik.

"Saya berharap, melalui kegiatan fogging dan gotong royong ini, segenap warga desa ke depannya dapat terbebas dari penyakit yang disebabkan dari nyamuk aedes aegypti itu (vektor penyakit DBD)," pungkas Kades Afdeling VI Dolokilir seraya mengajak masyarakat agar senantiasa memiliki prinsip Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru