Minggu, 08 September 2024

Percepatan Penurunan Stunting, Tapteng Bangun SPAL-S Senilai Total Rp 6,4 Miliar

Caong Tobing - Kamis, 25 Juli 2024 17:57 WIB
300 view
Percepatan Penurunan Stunting, Tapteng Bangun SPAL-S Senilai Total Rp 6,4 Miliar
Foto: SIB/Chaong Tobing
Pj Bupati Sugeng Riyanta foto bersama di acara peletakan batu pertama pembangunan SPAL-S skala permukiman di Kelurahan Hajoran, Kecamatan Pandan, Kamis, (25/7/2024).
Tapteng (harianSIB.com)
Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah tahun ini mengalokasikan anggaran senilai total Rp 6,4 miliar untuk membangun Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPAL-S) skala permukiman untuk percepatan penurunan stunting.

Pj Bupati Tapteng, Sugeng Riyanta menjelaskan, anggaran pembangunan SPAL-S terpusat skala permukiman tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Penugasan Sub Bidang Sanitasi.

"Pemkab Tapteng terus berbenah dalam rangka penurunan angka stunting, kesmiskinan ekstrem dan universal health coverage (UHC) di Tapteng," kata Sugeng Riyanta di acara peletakan batu pertama di Kelurahan Hajoran Kecamatan Pandan, Kamis (25/7/2024).

Baca Juga:

Dia mengatakan, pembangunan SPAL-S skala permukiman untuk percepatan penurunan stunting 2024, dilaksanakan di 13 tempat, yaitu di 3 kelurahan dan 10 desa yang tersebar di 9 kecamatan.

Sugeng Riyanta menjelaskan, nilai kontraknya sebesar Rp496 juta per desa/kelurahan, sehingga nilai keseluruhannya itu mencapai Rp6.448.000.000.

Baca Juga:

"Total penerima manfaatnya sebanyak 650 rumah tangga. Pekerjaan pembangunan akan dikelola langsung oleh kelompok swadaya masyarakat (KSM) desa/kelurahan," katanya.

Dia kemudian berharap, pengurus atau pelaksana KSM untuk memanfaatkan dana pembangunan tersebut dengan baik.

"Nantinya, pencairan akan disampaikan bertahap. Tahap pertama 25 persen, tahap kedua 45 persen dan tahap ketiga 30 persen," katanya.

Kadis PUPR Tapteng, Johannes Saruksuk menambahkan, rincian pekerjaan dalam pembangunan SPAL-S terpusat skala permukiman tersebut di antaranya, pembangunan bilik dengan ukuran 1,5 meter x 1,5 meter. Kemudian pemasangan tangki septik dengan kapasitas 0,80 m3 atau 800 liter.(**)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
komentar
beritaTerbaru