Minggu, 08 September 2024

1,5 Km Daerah Irigasi Diperbaiki di Siloumalaha Simalungun

Jheslin M Girsang - Kamis, 25 Juli 2024 16:33 WIB
209 view
1,5 Km Daerah Irigasi Diperbaiki di Siloumalaha Simalungun
Foto: Dok/Diskominfo
Sekretaris Daerah Simalungun Esron Sinaga menyapa masyarakat saat kegiatan marharoan bolon di Desa Rambungmerah, Kecamatan Siantar, Kamis (25/7/2024).

Simalungun (harianSIB.com)
Pemerintah Kabupaten Simalungun bersama masyarakat masih terus menggiatkan "marharoan bolon" atau gotong royong. Sepanjang 1,5 Km Daerah Irigasi telah diperbaiki di Desa Siloumalaha, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

"Kami bersama para pangulu (kepala desa) dan masyarakat telah melaksanakan marharoan bolon melakukan perbaikan dan pembersihan saluran irigasi sepanjang 1,5 Km di Desa Siloumalaha," kata Camat Siantar, M Iqbal, Kamis (25/7/2024).

Dalam kesempatan tersebut, sedang digiatkan marharoan bolon yang dipusatkan di Desa Rambungmerah, Kecamatan Siantar. Selain perbaikan saluran irigasi, juga dibenahi kerusakan jalan, fasilitas umum serta aksi bersih-bersih.

Baca Juga:

Iqbal mengatakan, sepanjang 4 Km ruas jalan di Desa Karangbangun, Kecamatan Siantar juga telah diaspal hotmix lewat dukungan Pemerintah Kabupaten Simalungun.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati yang telah melaksanakan pembangunan jalan hotmix sepanjang kurang lebih 4 Km. Semoga jalan ini dapat membantu dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat," tutur Iqbal.

Baca Juga:

Aksi gotong royong kali ini dihadiri Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga yang diwakili Sekretaris Daerah Esron Sinaga.

Esron pun mengapresiasi antusiasme masyarakat mengikuti marharoan bolon tersebut.

"Marharoan bolon ini adalah warisan nenek moyang kita, bagaimana berpartisipasi aktif dan berkontribusi untuk membangun wilayah masing-masing," kata Esron.

Dijelaskan, anggaran Pemkab Simalungun sangat terbatas untuk melakukan pembangunan. Karenanya, para camat, pangulu, lurah dan masyarakat diminta ikut berpartisipasi membangun Simalungun.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan pelayanan administrasi kependudukan, pemeriksaan kesehatan dan pemberian bantuan kepada masyarakat, seperti kursi roda, alat-alat pertanian dan lainnya. (*)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
komentar
beritaTerbaru