Sabtu, 21 September 2024

Pemkab Labuhanbatu Terima Penyerahan SPAM-IKK Bilah Hilir dari Kementerian PUPR

Efran Simanjuntak - Selasa, 23 Juli 2024 20:55 WIB
378 view
Pemkab Labuhanbatu Terima Penyerahan SPAM-IKK Bilah Hilir dari Kementerian PUPR
(Foto: Dok/Diskominfo)
SERAH KELOLA: Sekda Hasan Heri Rambe didampingi Asisten Ekbang Drs Ikramsyah Putra Nasution bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut, Deva Kurniawan Rahmadi, meneken surat serah kelola SPAM-IKK Bilah Hilir, Selasa (23/7).
Rantauprapat (harianSIB.com)
Pemkab Labuhanbatu menerima penyerahan pengelolaan Sistem Pengembangan Air Minum Ibukota Kecamatan (SPAM-IKK) Bilah Hilir dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (23/7/2024).

Plt Bupati Labuhanbatu diwakili Sekda Ir Hasan Heri Rambe dan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara, Deva Kurniawan Rahmadi, menandatangani surat serah kelola SPAM IKK Bilah Hilir tersebut dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR ke Pemkab Labuhanbatu di Kantor Bupati, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat.

"Atas nama pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, saya menyampaikan terima kasih atas penyerahan pengelolaan infrastruktur yang telah dibangun Balai Prasarana Pemukiman Sumut Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR ke Pemkab Labuhanbatu. SPAM IKK itu tentunya akan dikelola dengan baik karena menyangkut kebutuhan dasar manusia," sebut Hasan Heri.

Baca Juga:

Dia menambahkan, untuk pengelolaannya akan diserahkan Pemkab ke Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirta Bina Labuhanbatu.

"Terkait Surat Izin Pemanfaatan Air Tanah (SIPA) akan kami rapatkan untuk selanjutnya diurus lengkap," jelasnya.

Baca Juga:

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut, Deva Kurniawan Rahmadi mengatakan objek yang diserahkan adalah air bersih yang tentunya harus menjadi perhatian.

"Ini urusan wajib daerah. Kementerian PUPR hanya turut membantu dalam menyediakan air bersih untuk masyarakat di daerah," sebutnya.

Dia menjelaskan, fasilitas SPAM IKK tersebut akan dapat melayani hingga 4.000 sambungan rumah atau untuk sekitar 20.000 jiwa.

"Terima kasih atas partisipasi semua pihak dalam pembangunan infrastruktur ini. Kami harapkan pemerintah daerah Kabupaten Labuhanbatu dapat memaksimalkan aset yang telah kita bangun," ujarnya.

Serah terima infrastruktur tersebut dihadiri Asisten 2 bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Labuhanbatu Drs Ikramsyah Putra Nasution, Kepala BPKAD Labuhanbatu Salman Alfarisi Rambe SSos, Camat Bilah Hilir Ridwansyah, Direktur PUDAM Tirta Bina M Lutfi dan para pejabatnya, pejabat dan staf Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut. (**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru