Minggu, 08 September 2024

Kawasan Hutan Tanduk Benua di Simalungun Terbakar

Redaksi - Jumat, 19 Juli 2024 10:51 WIB
349 view
Kawasan Hutan Tanduk Benua di Simalungun Terbakar
(Foto SIB/Mey Hendika Girsang)
TERBAKAR : Ratusan hektar kawasan hutan Sipiso-piso atau lazim dinamakan Tanduk Benua Register 15/SM di Nagori Sinarnaga Mariah, Kecamatan Pematang Silimahuta, Kabupaten Simalungun terbakar, Kamis (18/7).

Simalungun (SIB)
Ratusan hektar kawasan hutan Sipiso-piso atau lazim dinamakan sebagai Tanduk Benua Register 15/SM di Nagori Sinarnaga Mariah, Kecamatan Pematangsilimahuta, Kabupaten Simalungun terbakar, Kamis (18/7).


Koran SIB melansir, belum diketahui secara pasti apa penyebab kebakaran kawasan hutan tersebut, namun menurut keterangan masyarakat, kebakaran itu merupakan peristiwa musiman atau terjadi pada saat musim kemarau melanda daerah itu.


"Kebakaran hutan ini sudah lumrah terjadi ketika musim kemarau. Tidak bisa dipastikan, apakah hutan itu sengaja dibakar atau tidak. Tapi yang pasti, hutan itu selalu terbakar saat musim kemarau," kata seorang warga Nagori Sinarnaga bernama P Girsang kepada jurnalis SIB News Network (SNN).

Baca Juga:

Pantauan jurnalis SNN, api masih terlihat berkobar di atas perbukitan di kawasan itu, karena hembusan angin kencang disertai terik matahari yang cukup menyengat. Akibatnya, kawasan hutan terlihat tak hijau lagi, sudah terlihat hitam membuat panorama kawasan itu ternoda.


Pemerintah setempat dan pihak kepolisian serta mobil pemadam kebakaran telah diturunkan ke lokasi kebakaran. Namun karena medannya cukup terjal di perbukitan, sehingga petugas dan masyarakat sulit untuk memadamkan api.

Baca Juga:

Hingga berita ini dikirim ke redaksi, api masih terlihat berkobar di kawasan Tanduk Benua itu. (**)

Editor
: Redaksi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru