Sabtu, 21 September 2024

MPLS Siswa Baru di SMKN 1 Barumun Sampaikan Tiga Dosa Besar Pendidikan

Robert Nainggolan - Kamis, 18 Juli 2024 22:50 WIB
403 view
MPLS Siswa Baru di SMKN 1 Barumun Sampaikan Tiga Dosa Besar Pendidikan
FotoSNN/Robert Nainggolan
Sebanyak 461 siswa baru mengikuti MPLS selama 3 hari di halaman SMKN 1 Barumun. Rabu (17/7/2024).
Palas (harianSIB.com)
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa baru kelas X tahun pelajaran 2024-2025 di SMKN 1 Barumun selama tiga hari terhitung mulai Senin hingga Rabu (15 -17/7/2024) dengan tema MPLS yang menyenangkan, bebas dariperundungandantindak kekerasan berjalan sukses.

Demikian disampaikan Kepala SMKN 1 Barumun Bidarlis Nur Rangkuti, kepada Jurnalis SIB News Network (SNN), Kamis (18/7/2024). Dikatakannya siswa baru sebanyak 533 orang, namun yang mengikuti MPLS 461 orang sedangkan sisanya 72 tidak hadir.

Adapun materi yang disampaikan yakni profil satuan pendidikan yang mencakup pengenalan kurikulum, pengenalan tata tertib dan prestasi sekolah. Kemudian pembentukan karakter, pola hidup bersih dan sehat (PHBS) yang mencakup pendidikan lingkungan hidup, pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika dan pembinaan dasar-dasar bencana dan pertolongan pertama.

Baca Juga:

Selanjutnya penguatan dan kesadaran bela negara yang mencakup kesadaran berbangsa dan bernegara serta tiga dosa besar pendidikan, lalu pengenalan budaya daerah, literasi digital dan literasi keuangan.

Bidarlis mengatakan tema MPLS sesuai dengan yang termaktub dalam Permendikbud nomor 46 tahun 2023 itu mencakup pendidik, peserta didik dan tenaga kependidikan agar fokus pencegahan dan penanganan kekerasan.

Baca Juga:

"Peserta didik harus diberikan pemahaman tentang tiga dosa besar dalam pendidikan yaitu, perundungan, kekerasan seksual dan intoleransi, ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua. Ini wajib disampaikan dan harus dipahami oleh semua pihak mulai para siswa baru dan orangtua termasuk guru. Alhamdulillah semua berjalan sukses," kata Bidarlis. (**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru