Minggu, 08 September 2024

Hj Ellya Rosa Siregar Hadiri Pagelaran Wayang Kulit di Seinahodaris

Efran Simanjuntak - Minggu, 14 Juli 2024 21:10 WIB
589 view
Hj Ellya Rosa Siregar Hadiri Pagelaran Wayang Kulit di Seinahodaris
Foto: Dok/Diskominfo
BANTUAN: Plt Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar, didampingi unsur pimpinan Kecamatan Panai Tengah memberi bantuan ke panitia pagelaran wayang kulit, di Balai Desa Seinahodaris, Minggu (14/7/2024).
Labuhanbatu (harianSIB.com)
Plt Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar bersama unsur pimpinan kecamatan mendukung dan menghadiri pagelaran wayang kulit yang digelar pemerintah Desa Seinahodaris, Kecamatan Panai Tengah, di Balai Desa Seinahodaris, Minggu (14/7/2024). Pertunjukan wayang kulit ini dalam rangka malam tirakatan mengisi Tahun Baru Islam Muharram 1446 Hijriah atau yang sering disebut suro oleh masyarakat suku Jawa.

Pertunjukan wayang kulit bertema "Melestarikan Budaya di Desa Seinahodaris", diawali doa dan makan bersama sesuai tradisi suku Jawa, menggunakan lontaran daun pisang sebagai simbol kebersamaan.

"Pertunjukan wayang kulit ini merupakan acara puncak dari aneka rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada momentum tahun baru Islam, yang sebelumnya telah dilaksanakan tasyakuran pada malam 1 Muharram," kata Hj Ellya.

Baca Juga:

Pada kesempatan tersebut, ia mengatakan Indonesia negara yang kaya budaya dan seni tradisional yang unik, salah satunya seni wayang kulit.

"Wayang kulit merupakan bentuk teater bayangan tradisional yang menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang paling terkenal," sebutnya.

Baca Juga:

Ia berharap, seluruh masyarakat Labuhanbatu untuk terus dapat menjaga dan melestarikan budaya peninggalan leluhur, karena dari sana banyak yang bisa dicontohkan dalam kehidupan kita sehari-hari," ujarnya.


Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
komentar
beritaTerbaru