Minggu, 08 September 2024

Hari Krida Pertanian di Karo Digelar Berbagai Perlombaan

Theopilus Sinulaki - Kamis, 27 Juni 2024 17:43 WIB
202 view
Hari Krida Pertanian di Karo Digelar Berbagai Perlombaan
Foto dok/Dinas Kominfo Karo
Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang memukul gong dalam pembukaan Hari Krida Pertanian Karo Tahun 202 di halaman Kantor DPRD Kabupaten Karo, Kamis (27/6/2024).
Karo (harianSIB.com)
Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang membuka acara Krida Pertanian 2024, ditandai dengan pemukulan gong di halaman Kantor DPRD Kabupaten Karo, Kamis (27/6/2024).

"Peringatan ini ditujukan sebagai upaya dalam menghargai peran serta petani, pekebun, peternak dan penyuluh pertanian dalam pembangunan pertanian. Pada dasarnya, Hari Krida Pertanian adalah hari untuk bersyukur berbangga hati dan sekaligus hari mawas diri serta melaksanakan Dharma Bakti," ungkap Cory Sebayang.

Lebih jauh disampaikan, bahwa Kabupaten Karo sudah sejak lama dikenal sebagai sentra produksi pertanian hingga tahun 2023, sektor pertanian masih merupakan penyumbang terbesar terhadap PDRB Kabupaten Karo dan juga Kabupaten Karo merupakan penghasil utama buah dan sayuran di Sumatera Utara.

Baca Juga:

"Kepada Gapoktan yang sudah berusaha keras untuk peningakatan pertanian di Kabupaten Karo. Anda adalah Pahlawan Pertanian Kabupaten Karo, bukan hanya pertanian, pertenakan juga demikian", ungkap bupati karo.

Bupati Karo juga berharap agar para petani di Kabupaten Karo harus memperhatikan pupuk dan obat-obatan serta bibit yang digunakan, sehingga tidak terjadi penanaman yang tidak cocok di Kabupaten Karo, salah satu contohnya seperti bibit wortel yang beberapa waktu lalu tidak cocok ditanam di Kabupaten Karo, sehingga banyak kerugian yang di alami oleh petani karo.

Baca Juga:

"Kepada Gapoktan Karo, apa yang baik dan bagus ditanam di Kabupaten Karo, agar terus dilanjutkan dan ditingkatkan. Bibit yang kita gunakan sekarang harus kita kembangkan, dan untuk penangkar-penangkar kentang bertingkat yang sudah membawa nama baik Kabupaten Karo tingkat Sumatera Utara dan Indonesia, Saya ucapkan terimakasih dan tetap pertahankan pertanian di Karo", ungkapnya.

Kadis Pertanian Karo, Metehsa Purba kepada Jurnalis SIB News Network (SSN) mengatakan, perayaan Hari Krida Pertanian di Kabupaten Karo diharapkan menjadi momen masyarakat dan petani untuk mendorong aktivitas produksi dan perbaikan terhadap ekonomi di Kabupaten Karo maupun nasional.

Ia menjelaskan maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk memberikan apresiasi bagi masyarakat pertanian di Kabupaten Karo yang terdiri dari petani/kelompok tani, peternak, praktisi, pengusaha dan aparatur di bidang pertanian.

"Selain meningkatkan hubungan silaturahmi antara masyarakat pertanian di Kabupaten Karo, juga memberikan fasilitas dan memperluas akses mendapatkan informasi bagi petani, peternak, pengusaha, dan aparatur bidang pertanian," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, berbagai kegiatan dilakukan diantaranya perlombaan literasi pertanian, pameran produk pertanian, pelayanan kesehatan hewan gratis dan kontes domba. (*)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
komentar
beritaTerbaru